Header Ads

STIKES Yahya Bima Cetak Sarjana D-III Kebidanan dan S1 Keperawatan

Foto:  Ketua Pengelola Yayasan STIKES YAHYA BIMA, Yahya, SKM. M.Kes, saat mendampingi Wabup Bima, Dahlan M. Noer,  

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-
  
     Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yahya Bima, Sabtu (11/11) kembali mencetak sebanyak 51 orang wisudawan dan wisudawati angkatan ke-VI Diploma (D-III) Kebidanan dan Sarjana (S1) Keperawatan tahun akademik 2016- 2017 yang menyandang gelar kesarjanaan. Kegiatan tersebut dilangsungkan di halaman STIKES Yahya Bima dan dihadiri oleh Koordinator Kopertis Wilayah VIII Denpasar, Pimpinan Perguruan Tinggi Bima, Pengurus Yayasan, Pimpinan dan Segenap Civitas Akademika STIKES Yahya,  para Wisudawan dan Wisudawati, para Orang Tua dan para wisudawan dan wisudawati.
   
       Ketua Pengelola Yayasan, Yahya, SKM. M.Kes, menjelaskan bahwa para mahasiswa/mahasiswi yang diwisuda telah melakukan seluruh rangkaian proses kegiatan belajar mengajar selama berada di kampus STIKES Yahya Bima. "Sehingga hari ini para Mahasiswa/Mahasiswi berhak menyandang gelar Diploma (D-III)  Kebidanan dan Sarjana (S1) Keperawatan," tegasnya. Setelah para mahasiswa/mahasiwi ini menyandang gelar Sarjana, kata dia,   mereka akan hidup ditengah masyarakat dalam rangka melaksanakan tugasnnya sebagai ahli kebidanan yang membantu warga masyarakat sekaligus mengabdi di tempat kerja dimana mereka akan mengabdi. Untuk itu Yahya selaku pengelola yayasan menghimbau kepada seluruh mahasiswa/mahasiswi agar ilmu yang didapat dari kampus dapat diterapkan dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat.


     
      Wakil Bupati Bima, Dahlan M. Noer,  mengatakan bahwa Wisuda Sarjana pada hakekatnya merupakan tonggak atau tahapan dalam mengukur kinerja institusi, agar semakin kredibel dalam menyiapkan dan menghasilkan sebanyak mungkin sarjana yang berkualitas, sehingga dapat dilihat dan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, bangsa dan Negara. Diakuinya, keberhasilan civitas akademika STIKES Yahya mengukuhkan alumni pada kesempatan yang cukup khidmat ini tidak datang dengan sendirinya, tetapi merupakan buah dari kerja keras, keuletan, dan semangat pantang menyerah segenap jajaran STIKES Yahya untuk terus menempa calon bidan muda melalui dunia pendidikan. "Oleh karena itu pada kesempatan yang mengharukan ini, perkenankanlah saya atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Bima, mengucapkan “Selamat dan Sukses“ kepada para wisudawan-wisudawati atas keberhasilan menempuh studi di STIKES Yahya angkatan ke-VI," ucap DMN.

           Dikatakan pula bahwa Kesehatan merupakan sebuah investasi yang perlu dijaga dan ditingkatkan mutu dan kualitasnya. Oleh karenanya, masalah kesehatan perlu mendapat perhatian khusus oleh berbagai elemen-elemen masyarakat, pemerintah maupun instansi terkait. Peningkatan mutu dan kualitas kesehatan masyarakat merupakan bagian dari prioritas pembangunan daerah dalam rangka menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkulitas guna mewujudkan daerah yang maju, mandiri, sejahtera lahir dan batin. Sebagai salah satu disiplin ilmu yang berkontribusi dalam peningkatan mutu dan kualitas kesehatan masyarakat, pendidikan kesehatan masyarakat merupakan salah satu bidang ilmu yang dapat menjadi sarana untuk menyelesaikan permasalahan terkait dengan mutu dan kualitas kesehatan masyarakat.

            Oleh karena itu, pemerintah daerah berharap kiranya jajaran pendidikan kesehatan, khususnya STIKES  Yahya Bima bahu membahu dengan pemerintah daerah  berikhtiar meningkatkan derajat kesehatan melalui pengorganisasian masyarakat bagi perbaikan sanitasi lingkungan, pemberantasan penyakit, pendidikan untuk kebersihan, pengorganisasian pelayanan medis, dan pengembangan rekayasa sosial untuk menjamin kebutuhan hidup yang layak dalam memelihara dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.
Dahlan  berharap, secara bertahap, kehadiran alumni Diploma Kebidanan ini akan dapat mendukung program peningkatan kuantitas dan kualitas tenaga kesehatan yang berkualitas di setiap kecamatan dan desa secara merata dan pada kesempatan in saya ucapan selamat dan sukses atas keberhasilan dan prestasi yang diraih pimpinan yayasan dan pimpinan STIKES Yahya beserta segenap civitas akademika, yang telah mampu melaksanakan tradisi wisuda hingga angkatan ke-VI tahun 2017 ini. "Mudah-mudahan apa yang telah dicapai akan dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan," pungkasnya. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.