Header Ads

Rangkaian Kegiatan HKN ke-53 Berakhir, Dikes Kabupaten Bima Gelar Acara Penutupan

Ketua Panitia  Pelaksana, Rifa'i, S. Sos., M. Ap

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

        Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Kesehatan (Dikes) menggelar acara penutupan kegiatan berbagai macam lomba dalam rangkaian memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-53,  di halaman Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bima di Desa Sondosia Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, Senin (27/11). Kegiatan memperingati HKN ini mengangkat tema “Sehat keluargaku sehat Indonesiaku”,  melibatkan seluruh jajaran RSUD, Puskesmas, Perguruan Tinggi Kesehatan, BPJS Kesehatan, dan Dharma Wanita Kesehatan se-Kabupaten Bima selama satu bulan penuh. 
   "Selama satu bulan kami menggelar berbagai kegiatan seperti kegiatan olahraga dan bhakti sosial," ungkap Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan HKN ke-53, Rifa’i, S. sos, M. Ap, kepada wartawan, Selasa (28/11).


       Adapun kegiatan olahraga tersebut terdiri dari lomba voly ball, tarik tambang, lari karung, footsall, tenis meja, bulu tangkis, dan senam cuci tangan, untuk kalangan kesehatan se-Kabupaten Bima. 
   Kemudian, kata dia, untuk bhakti sosialnya adalah donor darah dan sedekah janban yang di prioritaskan untuk masyarakat miskin yang difasilitasi oleh Dinas Kesehatan  Kabupaten Bima. Ini semata-mata bertujuan untuk mengikat tali silaturahmi sesama tenaga kesehatan, membagi pengalaman kerja antara senior dan junior, melaksanakan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS), serta senam sehat bersama jajaran kesehatan se-Kabupaten Bima.
       Diakuinya pula, pelaksanaan kegiatan HKN ini di laksanakan rutin tiap tahunnya berdasarkan legitimasi UU No. 36 2009 tentang KESEHATAN. Dasar pelaksanaan sesuai degan acuan Kementerian Kesehatan (KEMENKES) tentang pelaksanaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-53 thn 2017, dan SK Kepala Dinas Kesehatan kabupaten bima No. 144.45/1355/01.6/2017 Jumat 10 November  tentang pembentukan panitia pelaksanaan kegiatan, Hari Kesehatan Nasional (HKN).
     Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, Dr. Ganis Kristanto P,  menambahkan bahwa untuk mensukseskan kegiatan HKN, Dinas Kesehatan  Kabupaten Bima juga mengajak kerja sama dengan beberapa donatur dari lembaga usaha milik Negara (BUMN) seperti perbankan dan dana partisipasi dari Pejabat PNS jajaran kesehatan lainnya agar proses kegiatan yang dilakukan bisa berjalan sukses. Mengingat tidak adanya anggaran yang di kucurkan oleh pemerintah daerah terkait pelaksanaan kegiatan tersebut, makanya beranjak dari nawaitul niat yang baik akhirnya harapan yang indah dan gemilang di dapatkan seluruh jajaran kesehatan se-Kabupaten Bima untuk melaksanakan kegiatan HKN. "Untuk kedepan jajaran Dikes mengharapkan kepada pemerintah daerah kabupaten bima agar sekiranya mengucurkan dana untuk kegiatan  selanjutnya dengan rutin guna membantu Dikes dan meringankan pihak donatur," cetusnya.
       
       Meski demikian Kadikes tetap berharap melalui kegiatan ini seluruh pihak kesehatan se-Kabupaten Bima agar jangan pernah meninggalkan kewajiban untuk melayani masyarakat yang membutuhkan pertolongan medis dan terus meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. (GA. Yani*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.