Header Ads

Imkobi Gelar Pentas Seni Budaya, Kecewa Minim Dukungan Pemkot Bima


Mataram, Garda Asakota.-

          Ikatan Mahasiswa Kota Bima (Imkobi) Mataram menggelar kegiatan Pagelaran Seni Budaya Mbojo yang dihelat mulai tanggal 21 November 2017 hingga tanggal 28 November 2017 bertempat di Lapangan Lawata Gomong Kelurahan Dasan Agung Baru Kota Mataram.

     Menurut Ketua Dewan Penasehat Imkobi, M Natsir SH, kegiatan ini bertujuan melestarikan kembali budaya Mbojo yang sudah mulai terkikis oleh serangan budaya luar. Kegiatan ini diikuti oleh sanggar seni mahasiswa Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu dengan menampilkan pentas seni budaya seperti Lomba Tari Mbojo, Drama Mbojo, Kapatu Mbojo, dan akustik Lagu Mbojo. 

       "Total pesertanya sekitar 30 sanggar seni komisariat Kobi, Kabi dan Dompu," ungkap pria yang pernah diamanahkan menjadi Ketua Umum Imkobi Kota Mataram Periode 2012-2013 kepada wartawan media ini, Jum'at 24 November 2017.


      Menurutnya, Kegiatan pentas seni budaya ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar oleh Imkobi dengan menggunakan anggaran bantuan sumbangan para donatur. Meski diakuinya anggaran yang dibutuhkan masih kurang karena bantuan dari Pemkot belum bisa dicairkan. Hal ini menjadi kendala tersendiri apalagi kebutuhan anggaran untuk menopang kegiatan ini sangat besar. 

     "Terus terang kami merasa kecewa dengan minimnya dukungan dari pihak Pemkot Bima. Apalagi untuk sewa soundsistem saja per hari dibutuhkan anggaran Rp600 ribu belum lagi kebutuhan anggaran untuk operasional lainnya. Sementara minat mahasiswa terhadap kegiatan ini sangatlah besar," katanya dengan nada kecewa.

      Pihaknya sangat berharap agar pihak Pemkot Bima dapat menganggarkan secara khusus untuk program kerja tahunan seperti ini. Karena selama ini pihak Pemkot hanya menganggarkan anggaran untuk sekretariat saja dan itu pun jumlahnya sangat terbatas.


     Pada saat pembukaan kegiatan, pihaknya menyesalkan tidak adanya wakil dari Pemkot Bima yang menghadiri kegiatan padahal kegiatan seperti ini sangat bagus guna memacu munculnya daya kreativitas mahasiswa dalam aspek pengembangan seni budaya. Yang hadir pada saat pembukaan yakni Wakil Ketua DPRD NTB, Mori Hanafi, SE., M.Comm., serta dari Ketua RKB Lombok DR HM Natsir. 

"Kehadiran mereka cukup memberikan semangat meski perwakilan dari Pemkot tidak ada yang hadir. Kami berharap pada acara penutupannya nanti ada wakil dari Pemkot yang bisa menyemarakan acara ini," pungkas pria yang akrab disapa Aci ini.  (GA. Imam*).

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.