Header Ads

Desa Gegelang Lingsar Lobar Terendam Banjir



Mataram, Garda Asakota.
      Akibat hujan deras yang terjadi tadi malam telah mengakibatkan banjir di Desa Gegelang Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Berdasarkan rilis dari BPBD Kabupaten Lombok Barat, banjir ini mengakibatkan 6 rumah terendam (36 KK) dan 6 hektare sawah terendam dengan kerugian sekitar  Rp50 juta. 
       "Sehubungan dengan kejadian tersebut Camat Lingsar, Kepala Desa Gegerung, Babinmaspol, Babinsa, Kasi Kesos dan Tramtib Kec Lingsar sudah melakukan pemantauan dan memberikan bantuan berupa mie lima (5) dos kepada masyarakat," ujar Kepala Pelaksana BPBD Lobar, HM Najib, kepada wartawan Kamis 30 November 2017.
    Sementara itu, Kalak BPBD NTB, Ir HM Rum, mengatakan ada beberapa sebab terjadinya banjir bandang itu selain daripada tingginya curah hujan yakni keberadaan sungai sudah mengalami pendangkalan karena sedimentasi akibat hutan yang gundul di bagian hulu.
 "Sungai mengalami penyempitan akibat banyaknya bangunan yang dibuat dibantaran sungai. Kapasitas sungai juga terganggu akibat beberapa konstruksi jembatan penyeberangan yang menggunakan pilar tengah dan masih banyak sungai yang tidak memiliki tanggul sehingga seketika banjir meluap kelingkungan pemukiman penduduk. Fungsi embung embung di daerah Hulu sdh tdk maksimal lagi sebagai kolam pengendali banjir karena mengalami sedimentasi. Dan kalau saja masih berkembang budaya illegal logging dan upaya normalisasi sungai tidak maksimal ya kita harus siaga dengan banjir," ujarnya. (GA.Imam*).


No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.