Header Ads

Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat Hadir di SDN-2 Rite Ambalawi


Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

     Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Kabupaten Bma mengadakan Lomba Sekolah Sehat. Dalam kegiatan yang diikuti oleh keterwakilan satu SD per Kecamatan itu menggandeng Dinas Kesehatan (Dikes), Dinas Pertanian dan Dinas BLH Kabupaten Bima sebagai Tim Terpadu Pelaksana Penilaian yang diketuai oleh DR. Juwaidin Ismail, M.Pd.



         Kehadiran Tim Penilai, Kamis 5 Oktober 2017 disambut meriah oleh segenap unsur Muspika Kecamatan Ambalawi dan pengalungan bunga disertai tarian Budaya Mbojo oleh para siswa/i SDN No-2 Rite. Dalam perlombaan ini kata Ketua Tim Penilai Perlombaan Sekolah Sehat, Juwaidin, idealnya akan menggunakan metode  penilaian terbagi atas tujuh poin penilaian diantaranya   MCK, westafel, musholah, guru kesehatan,  ruang kepala sekolah, lantai dinding pencahayaan, fentilasi, ruang guru, jarak papan tulis dengan siswa, tempat sampah, ruang perpustakaan, ketersediaan obat di ruang UKS, dan persediaan Sanitasi dan Air Bersih."Tujuan kegiatan ini berlangsung untuk menunjang program sekolah ramah anak dan sekolah sehat agar tercipta siswa sehat dann cerdas," ucapnya usai menilai Sekolah Dasar Negeri-2 Rite Kecamatan Ambalawi.

          Didampingi Kepala UPTD Dikbudpora Ambalawi, Lukman, S.Pd. dan    Kepala SDN No 2 Rite, Adi Ardiansyah,.pihaknya mengapresiasi lomba Sekolah Sehat Tingkat Kabupaten Bima 2017 karena didalamnya mengandung pesan mengenai pendidikan karakter, sesuai dengan program prioritas Kemendikbud yang sedang mensosialisasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) untuk jenjang sekolah dasar hingga menengah. “Dan kami juga dari tim penganugerahan pemenang Sekolah Sehat tingkat Kabupaten mengharapkan siswa dapat bersikap hidup bersih, sehingga dapat menjadi kriteria dalam penguatan karakter,” ujar DR. Juwaidin. Ke depan melalui kegiatan apresiasi ini, kata dia, diharapkan sekolah-sekolah yang menjadi peserta dan menjadi pemenang bisa menjadi contoh dan inspirasi bagi sekolah-sekolah lainnya agar dapat menerapkan sekolah yang sehat dan perilaku hidup sehat.

        Sementara itu Camat Ambalawi Ishaka Hasan, SH, menambahkan bahwa kegiatan dan perlombaan Sekolah Sehat seperti UKS merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilakukan oleh tim terpadu dari Kabupaten Bima. Dia juga berharap SDN No 2 Rite dapat menjuarai agar dapat mewakili Kabupaten Bima di tingkat Nasional. Pantauan langsung wartawan, usai dari SDN 2 Rite, Tim  bersama rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju SDN 1  Tawali Kecamatan Wera untuk melakukan penilaian yang sama. (GA. Ompu*)

1 comment:

elshandy creative. Powered by Blogger.