Header Ads

Tatap Muka dengan Warga Desa Riamau, IDP Ajak Tingkatkan Semangat Gotong Royong

Bupati Bima saat menyerahkan bantuan dari DPP2AKB melalui Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak berupa perlengkapan masak yang diterima secara simbolis oleh ketua TP. PKK desa Riamau. 


Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

        Bupati Bima,  Hj. Indah Dhamayanti Putri,  Rabu (18/10) menggelar tatap muka dengan elemen warga masyarakat Desa Riamau Kecamatan Wawo sekaligus melakukan kegiatan BBGRM di Kecamatan Wawo. Pertemuan ini digelar usai dirinya meninjau warga masyarakat Dusun Sangari Desa Mbawa.  Momentum tersebut dimanfaatkan oleh Bupati untuk menyerahkan bantuan berupa bibit jagung dari Dispertapa yang diperuntukan bagi Poktan Ncuhi Tehu desa Riamau yang dterima oleh ketua Poktan Muhsinin Desa Riamau dan menyerahkan bantuan dari DPP2AKB melalui Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak berupa perlengkapan masak yang diterima secara simbolis oleh ketua TP. PKK desa Riamau.

          Pada kesempatan itu,  Bupati menyampaikan beberapa pesan khusus kepada warga masyarakat diantaranya mengajak mereka agar kembali menggalakkan budaya gotong royong di tengah masyarakat. Menurutnya,  dengan semangat gotong royong semua pekerjaan yang dilakukan akan terasa ringan. "Dan ini harus ditingkatkan sekaligus dilestarikan," ajaknya.
         ‎
        Dia juga mengajak seluruh Kepala Desa Riamau Kecamatan Wawo agar transparan dalam mengelola Alokasi Dana Desa (ADD). Ini penting agar masyarakat tahu item-item pembangunan di desa yang bersumber dari dana desa tersebut. "Dengan dilakukan secara transparan maka warga masyarakat akan mengetahui pembangunan yang akan dikerjakan yang ada di desa dan bersumber dana desa. Bahkan jika perlu, sebelum dilakukan pembangunan terlebih dahulu mendengarkan usulan dari warga," imbuhnya. selain melakukan transparansi mengelola ADD ini, seorang kepala desa diingatkannya harus hati-hati dalam mengelola dana desa.  "Jika merasa ragu, tidak ada salahnya melakukan koordinasi dan saran kepada pihak yang berkompeten," pesannya.

        Begitupula terkait dengan  program KB untuk kehidupan, kepada kepala desa dan bidan desa agar dapat mensosialisasikan program KB ini dalam rangka pengendalian angka kelahiran atau kehamilan pada setiap keluarga.  Program keluarga berencana dapat membuat keluarga memiliki perencanaan keuangan yang optimal. Dengan mengikuti program keluarga berencana, seseorang akan memperhitungkan jumlah anak yang ingin dimiliki, sekaligus perencanaan yang matang, baik dalam hal jumlah anak maupun perkiraan biaya yang diperlukan, akan membuat keluarga jauh lebih stabil dan bahagia. (GA. 212*)


No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.