Header Ads

Bupati Bima Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila




Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

        Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri Senin kemarin (2/10) memimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila tingkat Kabupaten Bima yang dirangkaikan dengan apel gabungan yang dilaksanakan tiap minggu pertama tiap bulannya di lapangan kantor Bupati Bima.  Kegiatan tersebut turut duhadiri oleh Wakil ketua DPRD kabupaten Bima  H. Muhammad H.Ibrahim, SE, Sekda Kabupaten Bima, para Asisten, Kabag, Staf Ahli, para Kepala OPD serta seluruh staf lingkup Pemkab Bima.
       
         Setalah pembacaan Ikrar Hari Kesaktian Pancasila oleh Wakil ketua DPRD kabupaten Bima H. Muhammad H.Ibrahim, SE, Bupati Bima menegaskan bahwa prosesi upacara hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 2017 tidak lain dalam rangka mengenang perjuangan para pahlawan sekaligus semangat generasi untuk terus berikhtiar menjalin kebersamaan sesuai nilai-nilai luhur Pancasila yang merupakan warisan pengalaman para leluhur. "Dimana nilai-nilai kebersamaan, persatuan dan kesatuan senantiasa menjadi pedoman dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. Semua itu tentu dilandasi oleh nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan di dalam butir Pancasila yang selama ini menjadi fondasi kehidupan kita serta mengenang kembali tragedi berdarah 30 September 1965 yang menewaskan para Pahlawan Revolusi," ungkap Bupati seperti dilansir Kabag Humas dan Protokol Setda, Armin Farid, S.Sos.

            Peristiwa 30 S PKI adalah bentuk upaya untuk mengganti dasar Negara dan falsafah Pancasila dengan ideologi Komunis. Namun berkat Rahmat Allah Yang Maha Kuasa serta perjuangan dan doa dari seluruh bangsa Indonesia, Pancasila tetap menjadi dasar negara serta falsafah hidup bangsa dan negara hingga kini. Untuk itulah, kata Bupati pada setiap tanggal 1 Oktober kita peringati sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

       Bupati Bima berharap kepada para ASN dan seluruh lapisan masyarakat untuk tetap meneguhkan komitmen bersama menjaga Pancasila sebagai dasar Negara dan falsafah hidup bangsa. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila cukup lengkap dan universal. Sila-sila Pancasila yang sering dibacakan pada setiap apel dan upacara diharapkan akan dapat menginspirasi kita semua untuk bertindak dan berperilaku Pancasilais yaitu pribadi yang taat kepada perintah Tuhan dan menjauhi larangannya, pribadi yang berperi kemanusiaan, pribadi yang menjunjung tinggi persatuan dan musyawarah, serta pribadi yang menunjung tinggi nilai-nilai keadilan menuju kesejahteraan bersama. 

        Diakuinya, selain memperingati 1 Oktober, pada bulan ini pihaknya juga akan memperingati Hari Ulang Tahun TNI pada setiap tanggal 5 Oktober, dan Hari Sumpah Pemuda pada setiap tanggal 28 Oktober. Lebih lanjut, pemerintah Kabupaten Bima pada tanggal 26 Oktober s/d 2 Nopember akan menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi NTB, dimana  Kabupaten Bima telah ditetapkan sebagai tuan rumah pelaksana kegiatan tersebut. Untuk itu saya mengharapkan dalam waktu satu bulan sebelum pelaksanaan MTQ ke-28  ini agar dipersiapkan dengan matang pelaksanaanya terutama yang berkaitan dengan panggung utama, penginapan, transportasi serta  sarana dan prasanra penunjang  lainnya agar dapat dipersiapkan dengan matang sebelum pelaksanaan MTQ tersebut. (GA. 212*)

 


No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.