-->

Notification

×

Iklan

BERAGAM CORAK BUSANA ADAT "SASAMBO" MERIAHKAN PAWAI TA'ARUF MTQ PROVINSI NTB

Thursday, October 26, 2017 | Thursday, October 26, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2017-10-26T09:47:40Z



Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

           Ribuan masyarakat Bima menyemut di sepanjang Jalan Garuda dari depan kantor Camat Woha Kabupaten Bima hingga ke ujung cabang Perempatan Talabiu Kecamatan Belo Bima, Kamis (26/10). Mereka antusias menyaksikan beragam corak busana adat khas daerah masing-masing kontingen dari seluruh kabupaten/kota se-NTB dalam memeriahkan pawai ta’aruf Musabaqal Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-27 Tingkat Provinsi NTB tahun 2017 yang dipusatkan di kantor baru Pemerintah Kabupaten Bima di Kecamatan Woha, Kabupaten Bima.

 

 
      Pawai ta’aruf tersebut diikuti 519 orang dengan mengambil start  di Jalan Garuda, tepat di depan Kantor Camat Woha dan finish di Perempatan Talabiu dekat Bandara Sultan M. Kaharuddin Bima. Para peserta pawai ta’aruf terlihat tampil beda dari biasanya karena hampir semua mengenakan busana adat dari berbagai strata sosial, sehingga tampak indah dan  menyedot perhatian masyakat. Dimulai pukul 09.00 dan baru berakhir pada pukul 12.00 Wita menjelang Sholat Dzuhur, Kamis (26/10/2017), pawai berlangsung meriah.

            Karo Humas Pemprov NTB, H. Irna Kusuma menyebutkan bahwa kontingen terbanyak dan terheboh adalah dari Kabupaten Lombok Tengah. Karena selain seluruh kontingennya mengenakan  beragam corak busana adat kebiasaan masyarakat Sasak di Lombok Tengah, juga kontingen dipimpin langsung Bupati dan Wakil Bupatinya yang menurunkan jumlah kontingen paling banyak dibandingkan daerah lainnya.
Seluruh rangkaian kegiatan MTQ tersebut, juga disiarkan secara langsung dari lokasi acara oleh RRI Regional Mataram. Sehingga masyarakat dapat menyimak lantunan Ayat-ayat suci Al-Qur'an dari kediaman masing-masing.

            Sebelumnya rangkaian kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 27 Tingkat Provinsi NTB di Kabupaten Bima sudah diawali dengan malam Ta’aruf, di Parugana’e Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, Rabu (25/20/2017).  Saat itu, Sekda NTB Ir. H. Rosiady Sayuti, selaku Ketua LTPQ Provinsi NTB berharap agar pelaksanaan MTQ ke 27 tingkat Prov NTB bisa berjalan sukses dan mengandung nilai-nilai keberkahan. Tidak saja bagi masyarakat Kabupaten Bima, tetapi juga masyarakat NTB secara keseluruhan. Meski saat ini sudah memasuki musim hujan, namun Sekda yang saat itu didampingi  Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri,  yakin bahwa kondisi tersebut tidak menghalangi suksesnya kegiatan tersebut.
Di dampingi kepala Biro Kesra Setda Provinsi NTB, Ahmad Masyhuri, SH., Pak Ros sapaan akrab Sekda NTB menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Bupati Bima beserta seluruh jajaranya, panitia dan semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dan mendukung terselenggaranya kegiatan itu.
“Semoga hujan yang mengguyur Kabupaten Bima saat Plaksanaan MTQ nanti tidak besar-besar amat,  cukup gerimis saja biar menjadi berkah,” ungkapnya di hadapan para dewan hakim dan perwakilan para kafilah dari seluruh kabupaten/kota se-NTB yang hadir.  (GA. Imam*)


×
Berita Terbaru Update