-->

Notification

×

Iklan

Rumah Baca Al-Ayyubi dan Koramil 1608-03/Sape Gelar Perpustakaan Keliling

Monday, September 18, 2017 | Monday, September 18, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2017-09-18T22:35:30Z

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

         Untuk menumbuh kembangkan minat baca di kalangan masyarakat, khususnya anak-anak. Rumah Baca Salahuddin Al-Ayyubi dan Koramil 1608-03/Sape, menggelar kegiatan Perpustakaan Keliling yang berlokasi di Pantai Papa Kecamatan Lambu, Minggu (17/9). Kegiatan ini melibatkan 100 anak anak santri TPQ Al-Ihsani Desa Oi Maci Kecamatan Sape. "Kegiatan Gemar Membaca ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca generasi penerus bangsa dan masyarakat pada umumnya. Sekaligus sebagai bentuk keprihatinan makin turun atau rendahnya minat baca di kalangan masyarakat," ujar Ketua Rumah Baca, Salahudin, Senin (18/9).
  

     Menurutnya,  kegiatan ini bagian  dari komitmen pihaknya untuk meningkatkan pendidikan masyarakat. Baik dilakukan di desa terpencil maupun desa yang berada di wilayah kota. "Di sini,kita tidak hanya gelar membaca saja, tetapi beragam kegiatan yang kami laksanakan dalam perpustakaan keliling. Di antaranya ada sosialisasi menumbuhkan minat baca, sosialisasi menjaga keutuhan NKRI, bercerita, menulis, melukis, mewarnai dan membaca puisi," paparnya.

       Pada kegiatan tersebut, seluruh anggotan Koramil 1608-03/Sape dan Club Baca Sampela Kampo Na’e, begitu semangat dan terampil dalam mengerahkan anak anak. Diakuinya, Danramil 1608-03/Sape Kapten Inf Junaid, cukup peka mengamati keinginan anak-anak saat proses belajar. Sangat terlihat dari caranya melakukan pendekatan emosianal dengan anak anak. Tidak hanya Kapten Inf Junaid, Ibu Nur Bahja selaku Ketua Rumah Baca juga begitu jeli mengambil simpati. "Sehingga anak anak tidak terasa jenuh, gelisah dan membosankan," tuturnya seraya menyebutkan bahwa kegiatan ini akan terus dilakukan dengan ekspansi dari desa ke desa. Maupun desa yang belum pernah tersentuh.

        Danramil 1608-03/Sape Kapten Inf Junaid, menyampaikan apresiasinya yang cukup tinggi terhadap Ketua Rumah Baca Salahuddin Al-Ayyubi, atas kerja kerasnya selama ini dalam mencerdaskan anak bangsa. "Kegiatan ini, bukan untuk yang pertama kalinya kami ikuti, melainkan kesekian kalinya," tuturnya saat ditemui Media Garda Asakota (17/09). Diakuinya, berbekal dengan motor tuanya yang sering dipakai untuk sehari-hari,  Ketua Rumah Baca yang sering disapa Udin, begitu gigih mongoleksi buku  untuk jadi  bahan bacaan yang layak. Buku itu didapatkannya dari donatur dan bahkan membelinya dengan uang hasil keringantnya.

          "Melihat kerja keras Udin kami makin respek. Sekaligus sebagai bentuk penghargaan kami atas kiprahnya selama ini dengan maha karya besar yang tidak pernah dilakukan oleh generasi manapun yang berada di  wilayah Bima saat ini. Seyogiannya kegiatan Gemar Membaca ini, sebagai wujud sinergitas Koramil 1608-03/Sape dengan Rumah Baca Salahuddin Al Ayyubi, dalam meningkatkan minat baca masyarakat. Khusunya para generasi penerus bangsa," imbuhnya. Kapten Inf Junaid, sangat berharap langkahnya tersebut dapat membantu perpustakaan dalam mengembangkan pendidikan nonformal kepada masyarakat luas. (GA. Udin*)
×
Berita Terbaru Update