Header Ads

NTB Jalin MoU Kerjasama dengan Provinsi Nengxia RRT


Mataram, Garda Asakota.-

        Setelah Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi, menanda tangani Letter Of Intens dengan Gubernur Nengxia RRT pada tahun 2015 yang berlanjut dengan kedatangan delegasi Propinsi Nengxia ke NTB pada pertengahan Juli 2017, kini giliran Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin SH, M. Si, mengunjungi Nengxia untuk menandatangi MoU yang merupakan tindak lanjut LoI sebelumnya.

    Karo Humas Pemprov NTB, H. Irnadi Kusuma, menjelaskan bahwa dalam pertemuan yang berlangsung di hall Pusat Konvensi Internasional Yinchuan, pada tanggal 22 September 2017 Wagub NTB bersama Wagub Nengxia-Wang Heshan menandatangani MoU yang antara lain berkaitan dengan kerjasama bidang ekonomi, investasi,  perdagangan, sains dan tehnologi, kebudayaan dan pariwisata, pendidikan, kesehatan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

    Dalam pidato pengantar sebelum penandatanganan MoU dilakukan, kedua Wagub memaparkan potensi daerah masing-masing serta peluang kerjasama masa depan yang dapat dilakukan dengan prinsip kesetaraan dan saling menguntungkan. Antara NTB dan Nengxia nampak memiliki banyak kesamaan. Wagub Nengxia memaparkan potensi daerah nya yang kaya di bidang pertanian sebagai daerah penghasil beras, buah dan sayur. Dibidang peternakan Nengxia adalah daerah penghasil sapi, kambing dan ayam. Di bidang pertambangan, Nengxia penghasil batubara urutan ke-6 di China. Nengxia juga sangat potensial sebagai daerah tujuan wisata. Pada saat yg  bersamaan dengan kunjungan Wagub NTB ini memang sedang berlangsung Yinchuan Flower Expo Garden yang dibanjiri banyak wisatawan dari seluruh penjuru China. Hal menarik lainnya 35 % penduduk Nengxia adalah muslim. Di seluruh kawasan Nengxia terdapat 40 masjid.

    Dalam acara penandatanganan MoU yang dilanjutkan acara jamuan santap malam itu, Wagub Nengxia  didampingi  Mr. Kang Zhanping - Sekretaris Kantor Urusan Luar Negeri Nengxia, Ms. Bai Yuzhen - deputi Kantor Urusan Luar Negeri Nengxia, Mr. Dan Jianping - Deputi Kantor Urusan Pariwisata Nengxia dan Mr. Luo Xiaoyu - Deputi Kantor urusan pertanian dan peternakan Nengxia. Sementara Wagub NTB didampingi Drs. H. Bachrudin MM, Assisten Administrasi Umum Setda NTB dan Drs. HL. Gita Ariadi MSi - Kepala DPMPTSP NTB. Wagub Nengxia nampak antusias dan berjanji segera akan berkunjung ke NTB bersama rombongan untuk menjajaki peluang investasi.

    Selama kunjungan kerja ke Nengxia ini Wagub NTB dan rombongan berkesempatan menyaksikan dari dekat pelaksanaan pelayanan terpadu kepada masyarakat, Pusat penyelenggaraan bisnis Yuehaiwan, pusat pengembangan dan pengelolaan lingkungan kawasan Shapotou dan lain-lain.  Wagub NTB berharap agar komunikasi dengan pemerintah propinsi Nengxia terus dilakukan dan berbagai  keunggulan yang ada di Nengxia dapat dipelajari dan diterapkan sesuai dengan situasi dan kondisi di NTB.  (GA. Imam*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.