Header Ads

Dukung Swasembada Daging, Tim dari Sekretaris Dewan Pertimbangan Presiden Akan Hadir di Kabupaten Bima

Ir. H. Abdullah

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

      Sekretaris Dewan Pertimbangan Presiden Kementerian Sekretariat Negara RI, Jan Darmadi, bersama dengan Tim Kajian berencana akan mensurvey model pengembangan peternakan Sapi untuk mewujudkan swasembada daging di NTB. Selain Lobar dan Loteng, Tim juga akan berkunjung di Kabupaten Bima, Jumat (8/9). Kehadiran Tim nantinya akan melakukan tinjauan lapangan di sentra peternakan Sapi Kecamatan Madapangga sebagai sampel survey.

         Menurut Kadis Peternakan Kabupaten Bima, Ir. H. Abdullah, Kabupaten Bima dinilai sebagai salah satu daerah yang mengeskpor ternak terbesar di NTB dengan total Populasi ternak Sapi sebesar 170 ribu. Rinciannya, kata dia,  ternak jantan 50 ribu ekor dan sisanya 20 ribu ekor betina. "Tahun ini rencananya kita penuhi keluar sebesar 13 ribu ekor dimana tahun sebelumnya hanya 12 ribu. Angka pengirimannya naik terus untuk memenuhi target pemenuhan daging Nasional," ungkapnya kepada Garda Asakota, Selasa (5/9).

       Pria yang kerap disapa Aji Olan ini berharap kehadiran Tim nantinya dapat merealisasikan program unggulan inovatif Kementerian yakni USUS SIWAP, (upaya khusus Sapi dan Sapi induk wajib bunting) melalui program IB (inseminasi buatan). "Target IB di Kabupaten Bima tahun ini sebanyak 7000 ekor, yang tersebar di Woha, Bolo, Madapangga, Belo, dan Sape. Ini tujuannya untuk tingkatkan populasi dan kualitas peternakan di Kabupaten Bima," imbuhnya singkat. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.