Header Ads

BPBD NTB Usulkan Rp40 M ke BNPB Pusat Atasi Dampak Kekeringan


Mataram, Garda Asakota.-
         Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah menyiapkan anggaran sebesar Rp3,5 Milyar untuk mengantisipasi terjadinya bencana kekeringan yang melanda 318 Desa di Kabupaten/Kota di Provinsi NTB. Provinsi NTB sendiri diperkirakan akan mengalami kekeringan hingga November mendatang.
       “Oleh karenanya, selain anggaran Rp3,5 M ini, kami juga telah mengajukan anggaran sebesar Rp40 Milyar ke BNPB Pusat sebagai anggaran untuk mengantisipasi bencana kekeringan yang melanda NTB,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTB, Ir. H. Muhammad Rum, kepada wartawan Garda Asakota di kantor BPBD Provinsi NTB, Rabu (13/09).
       Dana sebesar Rp40 Milyar ini menurut Kalak BPBD merupakan dana siap pakai yang akan dipergunakan untuk mengantisipasi dampak kekeringan terhadap 240.000 kepala keluarga yang terkena dampak kekeringan di 318 Desa.
     “Dengan anggaran sebesar itu, rencananya kita akan suplai mereka per kepala keluarga ini sebanyak 20 liter air selama dua (2) bulan dengan penyebaran mobil yang nanti akan disiapkan oleh BPBD dan akan bekerjasama dengan pihak relawan TNI/Polri serta petugas dari Desa,” ungkapnya.

        Pihaknya mengaku masih menunggu kapan pihak BNPB Pusat menyetujui usulan anggaran sebesar Rp40 Milyar ini untuk mengantisipasi dampak kekeringan di NTB. “Ini masih kita tunggu dari pihak BNPB Pusat,” tandasnya. (GA. Imam*).

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.