Header Ads

Saat Detik-Detik Proklamasi, NTB Luncurkan Program Online

TGB
Mataram, Garda Asakota.-

       Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia di Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2017 ini, tidak hanya penekanan tombol sirine selama 60 detik sebagai tanda dimulainya peringatan momentum sakral tersebut. Tetapi saat itu juga diluncurkan dua program penguatan pelayanan publik berbasis  elektronik. Yaitu  I-Shop untuk layanan jual beli produk produk industri kerajinan rakyat dan UMKM yang diinisiasi Dinas Perdagangan NTB  serta Sistem pembayaran Pajak Kendaraan secara online, oleh Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BAPPENDA ) NTB. Peresmiannya, ditandai  pelepasan balon ke udara oleh Ketua Tim Penggerak PKK NTB, Hj. Erica Zainul Majdi bersama Ketua GOW NTB, Hj. Syamsiah Muh Amin.

       Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr TGH. M Zainul Majdi, usai menjadi Inspektur upacara peringatan detik detik proklamasi, di lapangan Bumi Gora kantor Gubernur, Kamis (17/8/2017), didampingi isteri, Hj. Erica Zainul Majdi bersama Wakil Gubernur H.Muh Amin, SH.,M.Si dan anggota FKPD Provinsi NTB yang juga hadir bersama istri, menyaksikan langsung penandatanganan perjanjian kerjasama layanan e-samsat antara Samsat NTB dan Bank NTB tentang pemanfaatan fasilitas layanan transaksi online, di parkir depan gedung Sangkareang Kantor Gubernur. Di tempat itu  Gubernur juga berkesempatan menyaksikan  simulasi penggunaan aplikasi online dan memeriksa beberapa fasilitas yang ada dalam mobil layanan pajak keliling.  Kemudian Gubernur didampingi istri mengunjungi stand IShop yang ada disisi barat gedung sangkareang.

        Di tempat itu Gubernur NTB dua periode tersebut, langsung membeli sejumlah produk UMKM secara online dengan menggunakan I-Shop.com. Untuk diketahui I-shop NTB, adalah sebuah portal yang dapat dimanfaatkan para pelaku usaha untuk memasarkan produk barang yang dihasilkan oleh UMKM. Selama ini produk UMKM hanya tersedia di showroom, namun dengan adanya portal ini masyarakat yang ingin mendapatkan suatu produk, cukup dengan mengunjungi portal I-Shop NTB via internet.

        Rangkaian upacara menandai peringatan HUT ke 72 Kemerdekaan RI tahun ini, tidak jauh berbeda dengan  tahun tahun sebelumnya. Diawali dengan upacara bendera di lingkungan instansi pemerintah dan swasta pada pukul 7.30 Wita. Gubernur NTB dalam sambutan tertulisnya mengajak seluruh masyarakat Nusa Tenggara Barat untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan ini, dengan cara berkomitmen untuk merawat NKRI dan mengisinya dengan berbagai aktivitas pembangunan yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Tuan Guru Bajang juga menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah berperan aktif menjaga dan memajukan NTB selama ini.  Ia mengakui bahwa keberhasilan NTB meraih predikat sebagai daerah  paling progresif dalam pertumbuhan ekonominya secara nasional. Demikian juga kinerja program pengurangan kemisikinan di NTB berhasil mengurangi angka kemiskinan sebesar 1 persen setiap tahun. Padahal ditingkat nasional pengurangan 1 persen kemiskinan membutuhkan waktu lebih dari 5 tahun. Termasuk gini ratio atau ketimpangan di NTB sebesar 0,36 jauh lebih baik dibandingkan kesenjangan pembangunan nasional sebesar 0,40. Kemajuan itu menurut TGB adalah prestasi rakyat NTB. Karenanya, Gubernur berharap semangat dan partisipasi yang baik itu terus dirawat dan ditingkatkan di masa mendatang.

        Selanjutnya, tepat pukul 9.45 Wita Gubernur TGB selaku inspektur upacara menekan tombol sirine selama 60 detik, sebagai tanda dimulainya  peringatan detik detik proklamasi ke 72 tahun 2017.  Kemudian Pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Provinsi NTB, Hj. B. Isvi Rupaedah, MH dilanjutkan mengheningkan cipta oleh Inspektur upacara. Pengibaran bendera merah putih oleh pasukan pengibar bendera terdiri dari Putra putri terbaik dari 10 kab/kota dibawah binaan dinas pemuda dan olahraga Provinsi NTB, dengan komandan paskibraka Lettu CHB Wahyu Amri. Tahun ini, Anindia Putri.Siswa kelas XI  IPA 5 SMA Negeri 1 Woha Bima dipercaya membawa baki untuk bendera yang akan dikibarkan. (GA. Imam*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.