Header Ads

NTB Punya Potensi Besar di Bidang Perikanan dan Kelautan, Namun Masih Dikelola Perusahaan Luar

Foto: H. Lalu Darma Setiawan, SH.

Mataram, Garda Asakota.-
            Anggota Komisi II Bidang Perekonomian DPRD Provinsi NTB, H. Lalu Darma Setiawan, SH., mengungkapkan Provinsi NTB khususnya di daerah Kabupaten Sumbawa memiliki potensi yang sangat besar terhadap sektor perikanan dan kelautan baik itu hasil ikan tangkapan maupun lobster atau udang dan menurutnya potensi tersebut 90 persennya menjadi komoditi ekspor terbesar.
            “Hanya saja sayangnya, nama yang dikenal diluaran itu adalah Provinsi Jawa Timur sebab banyak perusahaan-perusahaan besar yang menangani potensi hasil ikan tangkapan, lobster dan udang di Kabupaten Sumbawa ini adalah perusahaan-perusahaan dari Jawa Timur. Jadi tidak atas nama Sumbawa atau nama Provinsi NTB,” ungkap politisi Partai Golkar NTB ini kepada sejumlah wartawan di ruang Komisi II DPRD NTB, Selasa (23/08).
            Pihaknya menyarankan agar SKPD Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi NTB dapat melirik potensi ini dan membangun koordinasi yang lebih intensif dengan pihak SKPD di Kabupaten/Kota yang ada di NTB ini dalam melakukan pengelolaan hasil perikanan dan kelautan yang ada di NTB.
            “Hal ini akan terus kami dorong agar pihak SKPD Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi NTB ini lebih maksimal lagi dalam membangun koordinasinya dengan SKPD yang ada di Kabupaten/Kota itu dalam melakukan pengelolaan hasil perikanan dan kelautan agar potensi-potensi alam di daerah ini dapat berdaya guna lagi untuk mendatangkan kesejahteraan masyarakat di NTB,” ujarnya.
            Lalu Darma Setiawan juga berharap agar pihak SKPD Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi NTB juga dapat mendorong lahirnya pengusaha-pengusaha local NTB yang dapat melakukan pengelolaan potensi-potensi perikanan dan kelautan yang ada di NTB ini. “Itu yang harus terus dilakukan dan diusahakan oleh pihak Provinsi ini agar bagaimana ada upaya dari pihak SKPD ini untuk memunculkan pengusaha-pengusaha local yang bisa mengelola potensi alam yang ada di daerah ini agar nama NTB juga bisa bergaung menjadi pengekspor ikan tangkapan, lobster dan udang ini. Jadi bukan perusahaan-perusahaan dari luar,” tandasnya. (GA. Imam*).


No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.