-->

Notification

×

Iklan

Gubernur Lepas JH NTB, Baiq Mariah Jemaah Tertua Usia 104 Tahun

Saturday, August 12, 2017 | Saturday, August 12, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2017-08-12T02:33:45Z

Mataram, Garda Asakota.-

       Baiq Mariah, meski telah berusia renta (104 Tahun) tidak menyurutkan niatnya untuk nenunaikan ibadah Haji. Nenek asal Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat itu tercatat sebagai  jemaah calon haji tertua asal NTB tahun ini. Keberangkatannya telah dilepas secara simbolis oleh Gubernur NTB, Dr. TGH. M.Zainul Majdi bersama 455 orang jemaah calon haji lainnya pada Kloter I Embarkasi Lombok  1438H/2017 di Asrama Haji NTB, di Mataram, Jumat malam, (11/8-2017).

        Sedangkan jemaah calon haji termuda adalah Zainul Islah (18 tahun) asal Perampuan,Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat. Tuan Guru Bajang (TGB) sapaan akrab  Gubernur NTB yang juga Al Hafizd tersebut, saat  itu berpesan kepada  para jemaah calon Haji agar menjaga  Kelapangan hati, tetap bersabar dan mengikuti arahan yang ada. Terlebih sebagian besar diantara calon haji ini telah berusia lanjut, ujar Tuan Guru Bajang, sembari mengingatkan bahwa dengan melaksanakan petunjuk petunjuk  tersebut insyaallah selamat.

         Lebih lanjut, Gubernur Tuan Guru Bajang juga menguraikan pentingnya menjaga niat dalam proses ibadah mulia memenuhi panggilan Allah ini. Ia juga mencontohkan bahwa diantara rukun ibadah,  hanya niat saja  yang selalu dijaga diawal sampai akhir. "Kokohkan niatnya,  saat lemah ingat niat untuk penuhi panggilan Allah. Insyaallah langsung sehat," tuturnya.

        Diakhir sambutannya, Gubernur melepas seluruh jamaah haji yang berangkat khususnya dari NTB  dengan iringan doa dan harapan, semoga diberikan kesehatan dan keselamatan sampai kembali ketanah air dan mendapatkan haji yang mabrur. Pelepasan tersebut ditandai penyerahan secara simbolis bendera merah putih kepada perwakilan pimpinan rombongan. Kloter pertama yang dilepas secara simbolis tersebut berjumlah 455 orang dan akan langsung diterbangkan dari Lombok Internasional airport, pada hari Sabtu, 12/8-2017 pukul 08.00 Wita.

        Sebelumnya ditempat yang sama, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama NTB, H. Nasruddin, M.Pd melaporkan kepada Gubernur bahwa jumlah calon jamaah Haji NTB tahun 2017 sebanyak 4.514 orang, gagal berangkat 4 orang karena 2 meninggal dan 2 sakit sehingga jumlah seluruhnya yang berangkat 4.510 orang yang dibagi dalam 11 Kloter. Selama 24 Jam calon jamaah haji di tampung di Asrama Haji  untuk pemeriksaan kesehatan terakhir, pembinaan manasik  dan penyelesaian administrasi, ujarnya. Hadir juga pada kesempatan tersebut, Anggota DPD RI dapil NTB, Diah Ratu Ganevi, Wakil Ketua DPRD NTB TGH Mahali Fikri, ketua MUI NTB dan ketua Ormas-ormas Islam seperti NU NTB, Muhammadiyah NTB, Nahadathul Wathan.
(GA. Imam*)
×
Berita Terbaru Update