Header Ads

Dinas Perpustakaan Daerah Diminta Pro Aktif Tingkatkan Minat Baca Siswa dan Masyarakat NTB


Mataram, Garda Asakota.-

   Budaya membaca dikalangan siswa dan masyarakat di Provinsi NTB harus terus digalakan oleh Pemerintah sebagai sebuah upaya untuk meningkatkan pengetahuannya. Dinas Perpustakaan Daerah dan Kearsipan sebagai leading sektor ini pun harus terus dimaksimalkan perannya dalam merangsang tumbuh dan berkembangnya budaya membaca ini.
   “Perpustakaan di setiap sekolah itu harus ada dan jangan hanya fisiknya saja yang ada sementara isi dari perpustakaan itu sendiri kosong. Oleh karenanya, kita sangat berharap SKPD terkait harus lebih pro aktif lagi untuk menggiatkan kegiatan perpustakaan ini di setiap sekolah yang ada,” harap Wakil Ketua Komisi V DPRD NTB, H. MNS. Kasdiono, SH., kepada sejumlah wartawan, Senin (21/08), di Kantor DPRD NTB.
   Disamping ketersediaan perpustakaan di setiap sekolah, Politisi Demokrat ini juga berharap agar Pemerintah Provinsi juga harus bisa menyediakan fasilitas perpustakaan keliling yang dapat menjangkau lapisan siswa atau masyarakat di luar sekolah.
   “Perpustakaan keliling itu harus ada dan semestinya pada saat sekarang ini keberadaannya harus lebih maju lagi dari tahun sebelumnya. Itu harus kita dorong keberadaannya agar siswa dan masyarakat di luar sekolah juga bisa terbiasa dengan budaya membaca ini. Ini bertujuan agar jangan sampai minat baca di kalangan siswa dan masyarakat itu menjadi kurang,” cetusnya.

    Menurutnya, jika siswa dan masyarakat digalakan untuk memiliki budaya membaca baik di sekolah maupun di luar sekolah maka tentu ini akan berdampak pada meningkatnya tingkat pengetahuan siswa dan masyarakat. “Sebab ada adagium yang menyatakan bahwa banyak baca, banyak tau. Penggalakan budaya membaca ini juga sedikit tidaknya bisa menjadi alat untuk menangkal pengaruh negative gadget yang kini tengah melanda siswa dan masyarakat kita,” tandasnya. (GA. Imam*).

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.