Header Ads

Baznas Salurkan Rp189,942 juta ke Ratusan Warga Kategori Asnaf di Kecamatan Wera


Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

        Sekitar 500 orang dari 760 Warga di seluruh Desa di Kecamatan Wera Kabupaten Bima memadati Aula Kantor Camat Wera, Senin (21/8). Kehadiran warga tersebut bukan dalam rangka unjuk rasa, tapi mengantri untuk menerima bantuan dari Baznas Kabupaten Bima. Dari tujuh asnaf yang berhak memperoleh zakat menerima bantuan yang variatif, dari kisaran Rp200 ribu hingga Rp2 juta, mulai dari fakir miskin, petugas mesjid hingga guru suka rela yang mendapatkan manfaat dari sebagian harta zakat orang kaya yang dikelola oleh Baznas Kabupaten Bima, dengan total bantuan sebesar Rp189.942.000.

        "Harta orang kaya akan dibersihkan dengan dikeluarkannya zakat, harta yang sudah sampai nisab tapi tidak dikeluarkan zakatnya, seperti memakan makanan yang dikenai minyak tanah. Meski sedikit yang kena, namun baunya akan mengganggu semua makanan yang ada. Demikianlah analoginya kalau harta yang kita miliki tidak dikeluarkan zakatnya," ungkap Wakil Ketua Baznas Kabupaten Bima, Sulaiman, SH, di aula kantor Camat Wera saat memberikan bantuan (21/8). Menurutnya, harta yang wajib dizakatkan, apabila nilainya sudah mencapai 85 gram Emas dari total pendapatan yang diperoleh setiap tahun. "Maka wajib kita keluarkan zakat," tegasnya.

       Sementara, Ketua Baznas Kecamatan Wera Gunawan, S.Hi menyampaikan pesan pada warga yang telah menerima bantuan, agar terus menyuarakan pada warga lain yang ada di Desa masing-masing. "Semoga terketuk hati bagi yang memiliki harta  lebih, supaya memiliki kesadaran untuk mengeluarkan zakat hartanya, karena harta tidak akan binasa harta seseorang yang ada di darat maupun dilaut, kecuali yang tidak dikeluarkan Zakatnya," jelasnya mengutip salah satu Hadits Nabi. Dengan demikian, kata dia, zakat bukan hanya bermanfaat bagi orang miskin, tapi dapat menyelamatkan harta orang kaya dari kebinasaan, maka keluarkan zakat apabila harta kita sudah sampai nisab," harapnya. (GA. Nuski*)

Tidak ada komentar

elshandy creative. Diberdayakan oleh Blogger.