Header Ads

Pol PP dan Anggota Linmas Ikut Bimtek Penanggulangan Bencana

Foto: Dansat Pol PP Kabupaten Bima, H. Soemarsono, SH, MH.

Kabupaten Bima, Garda Asakota.- 

          Bupati Bima diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bima, Drs. Djunaidin membuka secara langsung kegiatan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Penanggulangan Bencana Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bima Senin ( 17/7) di hotel La Ila Kota Bima. Kegiatan tersebut, kata Kabag Humaspro Pemkab Bima, Armin Farid, S.Sos, dihadiri oleh Komandan Satuan Polisi Pamong Praja, Sekretaris, para kepala Bidang pada Sat Pol PP Kabupaten Bima, unsur Dandim 1608 Bima serta seluruh peserta Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat pada Po PP Kabupaten Bima.


         Menurutnya kegiatan ini diikuti oleh 30 orang satuan anggota Linmas dengan waktu pelaksanaan selama 3 (tiga) hari mulai dari tanggal 17 s/d 19 Juli 2017 di hotel la Ila Kota Bima. Adapun pemateri nantinya berasal dari Komandan Satuan Polisi Pamong Praja, Anggota TNI dari Kodim 1608 Bima, para kepala Bidang Satuan Polisi Pamong Praja serta dari Kepala Seksi Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bima. 

       Pada kesempatan itu Staf Ahli Bupati Bima, Djunaidin menjelaskan bahwa keberadaan anggota Pol PP dan anggota Linmas merupakan salah satu garda terdepan dalam hal membantu pemerintah daerah guna menangani permasalahan bencana alam yang sewaktu-waktu terjadi sekaligus mendukung visi misi/program pemerintah daerah yang Religius, Amanah, Makmur dan Handal (RAMAH).

          Diakuinya, Bimtek yang digelar ini sebagai salah satu upaya dari kegiatan dalam rangka memberikan pelatihan terkait dengan cara penanggulangan bencana sehingga dari pelatihan ini diharapkan para peserta dapat mengetahui apa saja yang akan dilakukannya demi penanggulangan bencana alam dan bencana sosial lainnya. “Menolong korban bencana itu sangat mulia, tidak hanya duniawi saja namun itu semua merupakan ladang pahala untuk selalu ingat dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta," ungkapnya. Dia berharap melalui Bimtek ini para anggota Sat Pol PP dan anggota Linmas dapat mengetahui hal apa saja yang akan dilakukan demi menyelamatkan jiwa manusia yang mengalami musibah bencana alam bila sewaktu-waktu terjadi. "Jadi, dengan adannya Bimtek ini diharapkan dapat mempersiapkan sekaligus membekali diri para anggota Linmas untuk dapat melaksanakan tugasnya dalam rangka penanganan bencana, sehingga pada saat bencana terjadi maka anggota Linmas telah mengetahui apa saja yang harus dilakukan dalam memberikan pertolongan kepada masyasrakat yang membutuhkannya," harap Staf Ahli Bupati Bima.

          Dansat Pol PP Kabupaten Bima, H. Soemarsono, SH, MH, menambahkan bahwa Bimtek ini menjadi wadah pengemblengan dan pengetahuan bagi anggota Linmas pada Satuan Pol PP Kabupaten Bima dalam rangka pendalaman pemahaman tentang tata cara penanganan bencana bila sewaktu-waktu terjadi. "Saya selaku komandan satuan menghimbau kepada seluruh anggota Linmas yang mengikuti Bimtek ini agar dapat serius mengikuti Bimtek dan menerima pengetahuan maupun materi yang disampaikan oleh para narasumber," ucapnya.

         Hal senada juga disampaikan oleh Kabid Linmas pada Satuan Polisi Pamong Praja kabupaten Bima Iskandar, SH. Dia menegaskan bahwa kegiatan yang digelar ini dalam rangka untuk meningkatkan disiplin aparatur, mengoptimalkan pengetahuan dan pemahaman kinerja aparatur, dan merubah pola sikap dan prilaku aparatur dalam melaksanakan tugas sebagai tenaga penanggulangan bencana sehingga output yang dicapai dari hasil Bimtek ini adalah meningkatkan pemahaman dan pengetahuan anggota Linmas akan tugas sebagai tenaga penanganan bencana, terarahnya tugas dan fungsi anggota linmas. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.