Header Ads

Perlu Sinergisitas, Cegah dan Deteksi Dini Gangguan Keamanan Daerah

Foto: Wagub NTB, H. Muh  Amin, SH.M.Si, saat Rapat Koordinasi Gubernur NTB dengan jajaran Forkompinda Provinsi NTB bersama Para Bupati/Walikota se-NTB, Kabinda dan jajaran Kesbangpoldagri dan unsur keamanan terkait  lainnya, di Pendopo Gubernur NTB di Mataram, Rabu, (12/7).

Mataram, Garda Asakota.-

           Suasana daerah yang kondusif merupakan faktor paling penting untuk mempercepat proses pembangunan di Daerah. Untuk itu diperlukan sinergitas dan kesadaran semua pihak untuk melakukan upaya preventif untuk mencegah dan mendeteksi dini segala bentuk kegiatan yang dapat memicu terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

          Upaya-upaya untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat, terutama kesadaran untuk melakukan deteksi dini dan cegah dini tersebut dibahas dalam Rapat Koordinasi Gubernur NTB dengan jajaran Forkompinda Provinsi NTB bersama Para Bupati/Walikota se-NTB, Kabinda dan jajaran Kesbangpoldagri dan unsur keamanan terkait  lainnya, di Pendopo Gubernur NTB di Mataram, Rabu, (12/7).
 Wagub NTB, H. Muh  Amin, SH.M.Si, saat membuka Rakor tersebut mengingatkan kepada pemerintah daerah dan seluruh pemangku amanah pembangunan daerah  untuk lebih memahami serta mengetahui kondisi, aspirasi dan tuntutan masyarakat yang ada di daerah. "Dengan demikian maka segala potensi-potensi ganguan keamanan dapat dilakukan mitigasi lebih dini," ungkap Wagub.

          Ia mengajak semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan dan keperdulian dalam mewujudkan keamanan daerah. Salah satu bentuk kepedulian tersebut, kata Wagub adalah dengan cara bersedia melaporkan kepada aparat keamanan terkait bila menemukan sesuatu yang mencurigakan. Demikian juga dimintanya untuk terus memantau dan mengantisipasi masuknya paham paham radikal atau ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.

         Menurutnya, kondusifitas NTB saat ini cukup baik dan terjaga cukup dinamis. Meski ia mengakui terjadi gangguan yang bersifat kasuistis pada lokasi tertentu.Hal itu menurutnya tidak dapat dijustifikasi bahwa NTB rawan. "NTB tetap aman dan terkendali", ujarnya. Kepada Para Bupati Walikota, Wagub menekankan pada optimalisasi program program pro rakyat.  “Mari kita himpun semua potensi yang ada untuk terus berikhtiar membangun daerah kita. Sebab investor yang akan datang ke daerah kita untuk melakukan investasi membutuhkan jaminan kondusifitas. Mari kita jaga nama baik daerah masing-masing untuk akselerasi pembangunan mewujudkan NTB yang lebih maju dan sejahterah”, kata Wagub. (GA. Imam*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.