Header Ads

Manfaatkan Bahan Pangan Lokal, DKP Kabupaten Bima Akan Gelar Lomba Cipta Menu B2SA

Foto: Kepala DKP Kabupaten Bima, Ir. Heru Priyanto.



Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

          Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bima bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bima, Minggu lusa (16/7), akan menyelenggarakan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) berbasis pangan lokal di hari ketiga pameran pembangunan dalam rangka HUT ke-377 Bima di Paruga Nae Bolo. Adapun para pesertanya, kata Kepala DKP Kabupaten Bima, Ir. Heru Priyanto, adalah para ibu-ibu PKK di 18 Kecamatan se-Kabupaten Bima."InsyaAllah, jika tidak ada halangan, Ibu Bupati Bima akan menghadiri sekaligus membuka kegiatan lomba Cipta Menu B2SA ini," ungkapnya di sela-sela pembuatan stand Pameran dalam rangka memeriahkan HUT Bima ke-377 di Kecamatan Bolo, Juma pagi (14/7).

          Adapun menu makanan yang disajikan dalam lomba B2SA adalah dari bahan pangan lokal seperti sayur-sayuran, tomat, dan sebagainya yang diproduksi di setiap kecamatan.  Selain untuk meningkatkan pemahaman ibu-ibu rumah tangga dalam menerapkan konsumsi B2SA kegiatan ini juga bertujuan untuk menggalakkan dan mengoptimalkan pemanfaatan pangan-pangan lokal.

         "Potensi pangan lokal Kabupaten Bima cukup menjanjikan, bukan hanya sayuran, tetapi buah juga bisa diolah menjadi minuman seperti sirup Kawista (sirup dari olahan buah kinca), sirup jambu mente, dan olahan teh dari daun Mangga," ungkapnya seraya berharap warga masyarakat khususnya peserta nantinya dapat berkreasi menciptakan atau mengembangkan resep yang beragam, bergizi seimbang, dan aman berbasis sumber daya lokal serta dapat diterapkan sebagai menu keluarga sehari-hari. Heru menambahkan, bagi peserta yang keluar sebagai juara nantinya akan mengikuti lomba yang sama tingkat Provinsi NTB sekitar September-Oktober mendatang. (GA. 212*)





No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.