Header Ads

SUMBAWA PUNYA POTENSI LUAR BIASA


Sumbawa, Garda Asakota.-

          Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki peluang yang sangat besar. Dengan potensi lahan pertanian yang terhampar sangat luas, ditambah sektor pertambangan, peternakan dan  pariwisata yang menjanjikan, jika dapat dimanfaatkan secara optimal, akan membawa kemajuan luar biasa bagi masyarakat Sumbawa. “Daerah ini akan semakin maju jika pemerintah dan masyarakatnya mau bekerja keras. Semua tergantung dari kemauan seluruh masyarakatnya.” ungkap Wagub NTB. H. Muh. Amin, SH, M.Si, seperti dilansir Karo Humas Pemprov NTB, H. Yusron Hadi.
Hal itu ditegaskan  Wagub H. Muh. Amin  didampingi istri, Hj. Syamsiah M. Amin dan rombongan kepala SKPD  saat melaksanakan Safari Ramadhan di Masjid Al-Muttaqin, Desa Kerato Kecamatan Unter Iwis, Kabupaten Sumbawa, Rabu, (7/6-017).

        Dalam rangkaian  Safari Ramadhan di Pulau Sumbawa, diawali dari  Kota dan Kabupaten Bima, hingga  Dompu dan Sumbawa, Orang nomor dua di NTB itu terus memberikan motivasi kepada masyarakat sekaligus menyerahkan sejumlah bantuan kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten/Kota di daerah itu.

         Ditegaskannya, salah satu kunci tergarapnya potensi Sumbawa secara
lebih optimal ialah terbukanya peluang bervestasi bagi para pengusaha dan masyarakat. Peluang dan kenyamanan berinvestasi itu, harus diciptakan, tandas wagub. Salah satu cara untuk menciptakan peluang tersebut adalah menciptakan kondusifitas daerah agar investor nyaman menanamkan modal di NTB, tegasnya. “Investasi akan masuk jika ada kepastian hukum, rasa aman dan nyaman” paparnya.

         Pada saat itu, ia kembali menyerahkan sejumlah bantuan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk menstimulan usaha masyarakat. Diantaranya  bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Sumbawa untuk mendukung program Bumi Sejuta Sapi, sebesar Rp 2,121 Milyar lebih.  Batuan peralatan keterampilan senilai Rp.  45 juta untuk 10 orang, juga bantuan pemenuhan kebutuhan dasar melalui LKSA tahun 2017  dengan total bantuan untuk 11 LKSA sebesar Rp. 155 juta. Selain itu, diserahkan pula 1 (satu) unit Hand Traktor  untuk kelompok Tani Batu Payung, Kecamatan Utan.

          Untuk  mendukung pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan, Pemerintah Provinsi NTB juga  menyalurkan  bantuan berupa 400.000 batang bibit tanaman hutan senilai Rp.60 juta kepada 4 kelompok tani di Kabupaten Sumbawa. Selain itu, pengusaha budidaya madu diberikan bantuan 50 stup Madu trigonal untuk meningkatkan kapaistas produksi. Sedangkan khusus untuk Masjid Muttaqin, Desa Kerato, diberikan bantuan uang tunai sebesar  Rp.15 juta dan 100 lembar sarung untuk kaum duafa. “Bantuan ini memang tidak seberapa, namun semoga bisa memberikan dorongan agar kita lebih kreatif berusaha” pungkas wagub.

          Ditempat yang sama, Sekertaris Daerah Kabupaten Sumbawa Drs. H. Rasyidi mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kehadiran wagub di Sumbawa yang dapat memberikan semangat bagi pemerintah dan seluruh masyarakat. Ia menegaskan Pemda Sumbawa terus berupaya optimal mendatangkan investasi di Kabupaten dengan luas wilayah terluas di NTB ini.  “Untuk Percepatan kegiatan pembangunan, Investasi pemerintah daerah tidak cukup, maka kami telah bergerilya sampai ke Jakarta dengan memaparkan potensi kami di depan para investor” jelasnya. (GA. IAG*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.