-->

Notification

×

Iklan

Komisi IX DPR RI Sidak Pasar Mandalika, Antisipasi ZAT Berbahaya Pada Makanan

Friday, June 9, 2017 | Friday, June 09, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2017-06-09T10:48:54Z

Mataram, Garda Asakota.-

         Mengantisipasi  kemungkinan peredaran dan penggunaan  zat berbahaya pada bahan makanan, terutama produk-produk makanan untuk bulan Ramadhan dan menjelang Hari raya Idul Fitri 1438 Hijriyah, Anggota Komisi IX DPR RI  dipimpin Wakil Ketua, Hj. Ermalena, didampaingi Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Ir. H. Rosiady H. Sayuti, M.Sc., Ph.D dan Kepala BPOM NTB, Dra. Ni Gusti Ayu Nengah Suarningsih, Apt., MH., melaksanakan kunjungan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Mandalika Kota Mataram,  Jumat (9/6/2017). Kunjungan tersebut selain dimaksudkan untuk memantau ketersediaan dan stabilitas kebutuhan pokok masyarakat tercukupi dengan baik, juga sekaligus untuk memastikan produk-produk makanan yang dijual dipasaran benar-benar bebas dari kandungan zat-zat berbahaya.

         Dari hasil sidak tersebut, setelah dilakukan uji laboratorium oleh Badan POM, terhadap berbagai jenis sampel bahan makanan yang ada, ditemukan satu bahan yang mengandung Boraks, sedangkan yang lainnya  bebas dari bahan berbahaya. Dengan demikian disimpulkan bahwa bahan makanan yang ada di Pasar Mandalika secara umum termasuk kategori sehat.
Namun demikian, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Hj. Ermalena  tetap meminta  pemerintah agar kedepan lebih inten melakukan pemantauan di pasar-pasar, guna  meminimalisir  peredaran zat berbahaya seperti Formalin, Rodhamin B dan Boraks. “Kami harapkan BPOM lebih sering melakukan pemantauan terhadap peredaran zat berbahaya di pasar-pasar. Selain melakukan sidak atau pemantauan, BPOM juga harus memberikan edukasi kepada para pedangang akan bahaya penggunaan zat berbahaya tersebut pada makanan”, harapnya.

         Ditempat yang sama, Sekda NTB Ir. H. Rosiady H. Sayuti, M.Sc., Ph.D mengatakan, pemerintah harus mengambil hikmah dari hasil sidak yang dilakukan Komisi IX DPR RI bersama BOPM NTB ini. Dari hasil sidak tersebut masih ditemukan bahan makanan yang mengandung Zat berbahaya.  Meski secara umum, bahan makanan yang beredar di Pasar Mandalika kategori sehat.
Dijelaskan Sekda,melalui berbagai institusi terkait, pihaknya akan terus memberikan edukasi kepada para pedagang yang ada di Pasar-pasar dan masyarakat di NTB, terkait bahaya penggunaan zat-zat berbahaya pada makanan yang akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh”, jelasnya. (GA. IAG*)
×
Berita Terbaru Update