Header Ads

Kemenag Kota Bima Sosialisasi E-MONEV Penyelenggaraan Dana BOS

Peserta "SOSIALISASI E-MONEV PENYELENGGARAAN BOS KEMENAG KOTA BIMA (Breakthrough II Diklat Kepemimpinan IV Angakatan XVIII) di Aula FKUB Kota Bima, Kamis (8/6)

Kota Bima, Garda Asakota.-

          Bertempat di Aula FKUB Kota Bima, Kamis (8/6) kantor Kemenag Kota Bima melalui bidang pendidikan Madrasyah melaksanakan kegiatan "SOSIALISASI E-MONEV PENYELENGGARAAN BOS KEMENAG KOTA BIMA (Breakthrough II Diklat Kepemimpinan IV Angakatan XVIII" se-Kota Bima. Kegiatan ini dihadiri unsur Kepala Madrasyah, Operator dan Bendahara BOS. "Kegiatan ini dilaksanakan atas inisiatif sendiri semata-mata bertujuan untuk kemajuan lembaga terkait prosedur permintaan Dana BOS yang selama ini dilakukan secara manual,"    ungkap Kepala Seksi Pendidikan Madrasyah Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Bima, Drs. H.Munir.

          Kedepannya, kata dia, akan dilakukan dengan menggunakan IT, dimana untuk menjadi pioner pelaksaana metode ini ada beberapa Madrasah sasaran yang akan dijadikan target penggunaan gagasan perubahan ini yaitu MTs Al Husainy Kota Bima, MTs Al Ikhlas Muhammadiyah Kota Bima, MTs PPI 148 Khalid Bin Walid, MTs Daarul Hikmah Soncolela, MTs Al Khitab Al Islam, MTs Al Ikhlas Kota Bima, MTs Hamzanwadi NW dan MTs As Shidiqiyah.

         Kata dia, bahwa pada proyek perubahan ini yang akan menjadi komponen E Monev adalah tentang RAKM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasyah), kemudian penyerapan dana di Madrasah serta sejauh mana penggunaan dana di Madrasah dengan tujuan untuk jangka pendek untuk masa dua bulan kemudian jangka menengah masa sampai setahun dan jangka panjang di atas masa setahun.
Diampaikannya pula bahwa tujuan jangka pendeknya adalah membamgun tim kerja  efektif untuk proyek perubahan yang akan dikerjakan, melaksanakan sosialisasi proyek perubahan utk menyamakan persepsi tentang E-Monev bagi stakeholder MTs guna mendukung peningkatan tatakelola,akuntabilitas, dan pencitraan publik kemudian melaksnakan Bintek penggunaan aplikasi kepada operator dan bendahara BOS lalu melaksankan e monitoring yaitu pemantuan dan pencocokan antara RAKM dengan penyerapan dan penggunaan dana BOS serta melaksnakan rekapitulasi dan tabulasi penyerapan dan penggunaan BOS.

          Mantan Kepala MAN-1 Kota Bima ini melanjutkan bahwa untuk jangka menengahnya adalah melaksanakan sosialisasi penggunaan E-Monev bagi stakeholder Madrasah yang lebih luas pada MI dan MA sementara untuk jangka panjangnya adalah untuk standarisasi monitoring dan evaluasi laporan realisasi BOS Madrasyah berbasis website. "Kami yakin dengan adanya perubahan seperti ini akan sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan kemampuan para operator dan bendahara BOS dalam mengaplikasikan sarana elekronika dalam mendukung pencapaian program BOS secara umum dan pelaporan penyerapan dan penggunaan dana BOS yang efektif dan efisien, terwujudnya sarana yang efektif dan efisien untuk menyampaikan rencana dan laporan penyerapan serta penggunaan dana BOS Madrasah serta terwujudnya data rekapitulasi dan tabulasi penyerapan dan penggunaan dana BOS  yang dapat di simpan dan di akses dengan mudah," pungkas H. Munir. (GA. 003*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.