Header Ads

Ingin Mudik Lebaran, Bawalah Selalu Kartu JKN KIS



Kota Bima, Garda Asakota.,

         Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Bima dibawah kendali, Elly Widiani, seorang sosok wanita yang energik penuh semangat dan kreatif dalam mengembangkan dan membangun BPJS Kesehatan patut diakui telah mampu memberikan sentuhan perubahan kenyamanan sehingga saat ini BPJS benar-benar diminati dan disukai oleh masyarakat atas  berbagai terobosan yang telah dilakukannya tersebut.

        Salah satu bentuk kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta untuk memperoleh Pelayanan Kesehatan menjelang Hari Raya Idul Fitri, BPJS Kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait dengan prosedur pelayanan mudik lebaran tahun ini dimana para peserta JKN KIS dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih sederhana.  Oleh karenanya, diimbau kepada peserta JKN KIS yang berencana mudik lebaran untuk selalu membawa Kartu JKN KIS. "Kartu tersebut adalah identitas, jadi sangat penting untuk selalu dibawa kemanapun kita pergi dan dimanapun kita berada," ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang, Elly Widiani, dalam konfrensi persnya di aula kantor BPJS, Kamis, (15/6).

        Kata dia, peserta JKN KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke kantor cabang BPJS setempat baik dalam kondisi darurat maupun non darurat peserta dapat langsung berobat ke IGD RS terdekat yang telah bekerjasama dengan BPJS. "Karenanya kami angkat tema Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan," imbuhnya.
     
          Kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan tersebut mulai diberlakukan pada 19 Juni sampai dengan 2 Juni 2017 namun perlu diingat bahwa prosedur pelayanan tersebut hanya berlaku untuk peserta JKN KIS yang sedang mudik dan status kepesertaannya aktif karena disarankan kepada peserta untuk memastikan  hal tersebut, apakah telah membayar iuran atau selalu disiplin iuran, dan untuk mengecek iurannya bisa dilakukan melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada menu cek iuran sedangkan untuk cek fasilitas kesehatannya dapat di lihat di Website BPJS Kesehatan,atau melalui Care Center BPJS kesehatan 1500400.Jelasnya

           Menurutnya untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang di perlukan BPJS Kesehtan juga telah menciptakan aplikasi mudik BPJS Kesehatan yang dapat di download secara garatis di Google Play Store, dimana dalam aplikasi tersebut tersedia telepon penting,alamat kantor BPJS Kesehatan,fasilitas kesehatan Mitra BPJS, tanya jawab BPJS Kesehatan serta banyak hal lainnya.

          Menutup keteranganya Elly menegaskan bahwa selama peserta JKN KIS selalu mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku serta tindakan medis yang di peroleh berdasarkan indikasi medis yang jelas sesuai hasil pemeriksaan dokter maka fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iuran biaya apapun dari peserta dan untuk mudik lebaran tahun ini BPJS Kesehatan telah membuka 8 titik  Posko Mudik yaitu Terminal Pulo Gebang Jakarta, Stasiun Bandung,Stasiun Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Soekarni Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali, serta Pelabuhan Merak Banten  dimana di tempat tempat tersebut tersedia pelayanan Kesehatan, Obat obatan, Fasilitas Relaksasi hingga sosialisasi Kesehatan. (GA. 003*)

Tidak ada komentar

elshandy creative. Diberdayakan oleh Blogger.