Header Ads

Idul Fitri di Lapangan Desa Talabiu, Bupati Ajak Masyarakat Sukseskan Program BIMA RAMAH

Foto: Bupati Bima,  Hj. Indah Dhamayanti Putri 



Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

         Bupati Bima,  Hj. Indah Dhamayanti Putri pada saat melakukan sholat idul fitri 1438 Hijriyah yang dilangsungkan di lapangan desa Talabiu Kecamatan Woha Kabupaten Bima, Minggu (25/6) mengajak seluruh komponen warga masyarakat untuk mensukseskan beberapa agenda dan program keagamaan yang telah digulirkan jajaran Pemerintah Kabupaten Bima demi mewujudkan tatanan masyarakat yang RAMAH di masa depan. Visi mewujudkan Kabupaten Bima Ramah adalah satu kesatuan yang terintegrasi satu sama lain. Visi itu tidak lahir secara spontan, melainkan lahir dari buah pemikiran yang mendalam atas situasi dan kondisi serta keadaan wilayah kabupaten Bima akhir-akhir ini. Masyarakat yang Religius, Aman, Makmur, Amanah dan Handal berawal dari gagasan pemikiran untuk menciptakan masyarakat yang religius di Dana Mbojo.

          Untuk itu, kata dia salah satu program keagamaan yang saat ini sedang gencar kita gelorakan untuk terus diimplelentasikan adalah Gerakan Pesantren Sehari. Program GPS dihajatkan untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan masyarakat tentang ajaran agama Islam dan memperdalam, memantapkan dan meningkatkan penghayatan ajaran agama islam, khususnya tentang Al-Quran, keimanan, ibadah, dan ahlak. "Semua itu ditujukan untuk membentuk ahlak, sikap, prilaku dan karakter masyarakat berdasarkan nilai-nilai Alqur’an dan As-Sunnah," ungkapnya seperti dilansir Kabag Humas dan Protokol Setda, Armin Farid, S.Sos.

         Dijabarkan pula bahwa pada tahun 2017 Pemerintah Kabupaten Bima telah menggulirkan dana Rp4,5 Milyar untuk membantu pembangunan masjid dan mushalla di seluruh wilayah kabupaten Bima. Diakuinya, nilai dana hibah itu belumlah seberapa jika dibandingkan dengan banyaknya masjid dan mushalla yang harus mendapatkan sentuhan dan bantuan dari Pemerintah daerah. Bantuan yang diberikan itu hanyalah stimulan sebagai perangsang semangat kebersamaan dan kegotongroyongan masyarakat dalam membangun sarana ibadah dan fasilitas umum yang ada di desa. Untuk itu, melalui mimbar idul fitri 1438 H ini Bupati mengajak seluruh umat muslim di kabupaten Bima untuk memakmurkan masjid dan mushalla di lingkungan masing-masing dengan ibadah shalat berjamaah dan pengajian.

        Selain memakmurkan Masjid dan Mushalla, semua pihak juga perlu terus menggiatkan kegiatan pembinaan Tilawatil Quran di dusun-dusun dan desa untuk mewujudkan generasi Qurani di masa depan. "Pembinaan Baca Tulis Al-Quran tentu tidak hanya dihajatkan untuk kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran, tetapi harus terus dilakukan dalam rangka ikhtiar kita bersama untuk Membumikan Al-Quran di Dana Mbojo tercinta," ucapnya dihadapan ribuan jamaah yang juga turut dihadiri Wabup Bima, Drs. H. Dahlan M. Noer.
       
      Sementara itu, Ustadz Drs. H.Suaidin, M.Pd, dalam ceramah Id Fitri, mengajak komponen masyarakat untuk meningkatkan tali silaturahmi. Menurutnya, menjalin silaturahmi ini bukan hanya sekedar bersentuhan tangan dan memohon maaf belaka, akan tetapi ada sesuatu yang lebih hakiki dari itu semua yaitu aspek mental dan ketulusan hati. "Silaturahmi ini juga merupakan kunci terbukanya rahmat dan pertolongan Allah SWT sehingga pada akhirnya dapat mengembalikan kekuatan Islam pada diri kita masing-masing," ungkapnya. Menurutnya, dalam silaturahmi ini, ada 4 (empat) hal yang mesti disucikan yaitu penyucian diri, penyucian moral, penyucian harta serta penyucian kekuasaan. Untuk itu melalui momentum idul fitri ini sebagai media penjewantahan dari keempat hal tersebut di atas dalam berbagai sektor kehidupan. (GA. JACK*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.