Header Ads

Tim Penilai PPL dan THL-TBPP Provinsi NTB Hadir di BPP Asakota



Kota Bima, Garda Asakota.-

          Tim penilai lomba Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Teladan,Tenaga Harian Lepas-Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TBPP) Petani, Kelompok Tani, Gabungan Kelompok Tani dan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Berprestasi tingkat Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melaksanakan penilaian di kantor BPP Asakota Kecamatan Asakota Kota Bima, Sabtu pagi (20/05).

          Hadir pada kesempatan tersebut, Walikota Bima, Plt. Sekda, Kadis Pertanian, Kepala DKP, Kepala Dinas Dikbud, Kadis Sosial, Kadis Koperindag, Kepala Kesbangpol, Kepala BKD, Kepala Dishub, Kepala BKP2, Kabag OPA Setda, Kepala BPP se Kota-Bima, Camat Asakota,Babinsa dan Babinkamtibmas Serta anggota Kelompok Tani se-Kecamatan Asakota.

          Walikota Bima, HM. Qurais H. Abidin, menyampaikan ucapan selamat datang kepada Ketua Tim Penilai bersama rombongan dari NTB ke kota Bima yang baru beberapa bulan lalu telah dilanda musibah banjir bandang. Walikota mengatakan, kehadiran tim memberikan motivasi tersendiri dan semangat kepada kelompok tani maupun dinas agar terus bekerja meningkatkan dan menata pertanian agar selalu mampu meningkatkan komoditi pertanian di Kota Bima.

          Sebenarnya, kata dia, pertanian ini adalah sebagai salah satu pendukung pembangunan di wilayahnya sebagai kota Jasa dan Kota pendidikan namun pihaknya berkeinginan bagaimana Kota Bima ini nantinya tidak akan memasok bahan pangan atau membeli pangan dari luar. "Hal tersebut sudah sering saya instruksikan pada Bappeda khususnya dinas dinas yang terkait dengan rumput hijau untuk bisa memetakan agar lahan yang ada sesuai dengan tanaman yang dibutuhkan. Lalu sarana penunjang lainnya adalah banyak jalan-jalan poros atau jalan usaha tani yang telah terbangun di Kota Bima baik yang bersumber dari dana bantuan pusat, propinsi maupun APBD," ungkapnya. Pada kesempatan itu, Walikota juga secara khusus menyampaikan ucapan selamat kepada yang telah terpilih mewakili Kota Bima dalam lomba ini.

          Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba, H. Puja Jaya, juga turut memberikan ucapan terimakasih atas sambutan yang dirasa sangat istimewa oleh Dinas Pertanian Kota Bima karena langsung menghadirkan orang nomor satu. "Kami merasa tersanjung dan istimewa sekali ini luar biasa dan sangat luar biasa, padahal ini hari libur namun masih sempat sempatnya pak Walikota hadir menyambut kehadiran kami," ujarnya.

          Dia melaporkan jumlah rombongan pihaknya terdiri dari 12 orang anggota tim yang nantinya akan menilai sebelas kategori. "Dan benarlah apa yang telah disampaikan oleh pak Walikota bahwa kedatangan kami adalah bertujuan memberikan pembinaan serta semangat dan gairah pada Poktan komoditi, petani perorangan,PPL, THL TBPP berprestasi karenanya di lembaga manapun kita berada kita tetap teman petani," imbuhnya.

          Pada waktu yang sama Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Peternakan Kota Bima, Ir. Hj. Rini Indriati, menyebutkan bahwa seiring dengan adanya lomba penilaian tingkat Propinsi NTB ini untuk seluruh unsur yang terkait dengan pertanian maka Dinas Pertanian Kobi telah mengeluarkan Surat Keputusan Susunan PPL Teladan,THL TBPP Teladan, Petani, POKTAN,GAPOKTAN dan BPP Berprestasi Tingkat Kota Bima Tahun 2017. Mereka adalah Kamaruddin, S.ST untuk PPL, Rizki Andriani, SP (THL TBPP), Zainal Arifin Sadiax untuk Petani Padi, H. Lukman Kolo untuk petani Jagung, M.Ali Rontu untuk petani Kedelai, sementara untuk Poktan Padi adalah Lacici Jatiwangi,Poktan Jagung Pasir Putih Kolo,Poktan Kedelai Sejahtera II Rontu,dan Poktan Sapi Nggaro Rato Jaya Rite dan untuk Gapoktan teladan serta BPP Teladan di lraih oleh Gapoktan Terpadu Mande dan BPP Asakota Jatiwangi. (GA. 033*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.