Header Ads

Posisi Sekdes Oi Tui Makin Tak Jelas




Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

            Posisi Sekdes Oi Tui Kecamatan Wera Kabupaten Bima hingga hari ini belum jelas. Padahal di satu sisa, posisi Sekertaris Desa (Sekdes) dan perangkat desa lainnya sedang direkrut. Lantas, bagaimana nasib Sekdes yang telah lolos seleksi sejak tahun 2015 lalu?. Kades Oi Tui, Nuhra yang dikonfirmasi Garda Asakota, Senin (15/5) via phone mengaku pihaknya belum menerima surat perintah perekrutan untuk posisi Sekdes. "Semua perangkat sudah terisi. Masalah Sekdes, kami masih menunggu keputusan. Karena surat permohonan untuk meminta petunjuk Bupati sebagai balasan dari surat perintah pelantikan belum ada sampai sekarang," ujar Nuhra.

          Sementara, Kasi Pemerintahan Camat Wera, Masykur justru menegaskan bahwa masalah Sekdes Oi Tui tidak ada urusannya dengan pihak kecamatan karena itu merupakan kewenangan Kepala Desa yang akan melantiknya. Pihak Camat bahkan sudah mengeluarkan rekomendasi pelantikan satu paket dengan Kabid Perencanaan dan Pelaporan. "Tapi saat itu, yang dilantik hanya Kabid saja sementara sekertarisnya tidak, " ujar Masykur.

          Di lain pihak, Sekdes Oi Tui yang lolos seleksi tahun 2015 lalu, M. Farhan, S.Pd, mengaku pihaknya hanya menunggu waktu pelantikan saja. "Kalau dibilang bermasalah, semua masalah sudah selesai. Semua proses sudah dilakukan sesuai prosedur, masalahnya sudah selesai kalaupun dibilang ada masalah, yang jelas tidak akan ada seleksi ulang. Karena hasil seleksi yang dilakukan pada tanggal 31 Desember 2015 itu sudah berkekuatan hukum," ujarnya. Banyak upaya yang sudah dilakukan oleh pihak keluarga Sekdes terhadap Kades, agar melantik Sekdes yang lolos seleksi, sampai keluar Surat perintah Bupati yang ditanda-tangani oleh Wakil Bupati Bima. "Namun tidak diindahkan juga. Sudah lebih dari 20 kali dilakukan upaya persuasive, Surat Perintah dari DPMDes sudah 7 kali ada tembusannya sama saya, terakhir Surat Perintah dari Wakil Bupati Atas nama Bupati Bima, namun tidak diindahkan juga oleh Kades," tandasnya. (GA. 777*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.