Header Ads

Jadi Peserta BPJS Tak Perlu Antri Lagi, Cukup Kontak Nomor 1 500-400







Kota Bima, Garda Asakota.-

          Untuk lebih memudahkan masyarakat melakukan pendaftaran kepesertaan BPJS khusus Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri serta peserta Bukan Pekerja (BP), pihak BPJS  Kesehatan mulai dari Pusat sampai di tingkat Daerah baik Kota maupun Kabupaten tengah melakukan sebuah pengembangan strategi kemudahan tersebut dengan memperluas kanal-kanal pendaftaran. Salah satunya adalah melalui mekanisme Care Center ke nomor 1 500-400. "Upaya ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kepuasan peserta yang juga menjadi salah satu Fokus Utama BPJS Kesehatan di tahun 2017, " jelas Kepala BPJS Cabang Bima, Elly Widiani, kepada sejumlah wartawan, Senin (15/05).

          Menurutnya, saat sekarang calon peserta tidak mesti mengantri lagi di kantor Cabang BPJS Kesehatan. Cukup dengan menghubungi layanan telepon tersebut, maka peserta dapat melakukan pendaftran via telepon yang sebelumnya calon peserta sudah harus menyiapkan beberapa hal antara lain No KK, NIK,Nomor Rekening Tabungan Bank BRI/BNI/Mandiri kemudian Nomor Handphone, Alamat Domisili untuk pengiriman Kartu baru bisa lakukan layanan telepon  ke BPJS Kesehtan Care Center atau Virtual Service yang sebelumnya terdapat pemberian informasi, penanganan pengaduan, tanya dokter dan pengelolaan media sosial.

           Selain pelayanan melalui layanan telepon tersebut, sambung Elly, pihak BPJS Kesehatan juga tengah mengembangkan pendaftaran melalui sistem Dropbox yang nantinya akan ditempatkan di kantor kelurahan, kantor kecamatan serta pendaftaran langsung kepada PPOB atau petugas layanan yang sudah menjadi Mitra Kerja BPJS Kesehatan. "Dalam rangka mempercepat wujud dari pengembangan mekanisme pelayaanan tersebut, kami rencananya akan menempatkan Dropbox di lima kecamatan yang ada se-Kota Bima pada awal Juni nanti dimana kecamatan Rasanae Timur akan dipilih sebagai Pilot Projectnya," jelasnya.

           Sementara itu, Camat Rasanae Timur, Dra. Hj. Misbah, yang turut hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi atas apa yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Bima yang tengah berupaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat peserta BPJS Kesehatan. Diakuinya, pihak kecamatan sendiri nanti akan melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat terkait dengan hal ini. "Namun kami juga berharap agar kedepan bukan hanya mekanisme pendaftaran peserta saja yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan  tetapi juga yang terpenting adalah bentuk pelayanan yang diberikan oleh pihak-pihak yang sudah menjadi Mitra Kerja BPJS harus juga diperhatikan," pungkasnya. (GA. 033*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.