Header Ads

BUMN Serahkan CSR Rp2,49 Miliar, Dukung Sembalun Sebagai Sentra Bawang Nasional




Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

        BDalam rangka membangun kejayaan Sembalun sebagai salah satu sentra bawang di Indonesia, Menteri BUMN,  Rini M. Soemarno, bersinergi dengan Menteri Pertanian, Amran Sulaiman dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, melakukan kunjungan kerja ke Sembalun, Lombok Timur (Rabu, 24/5).
Dalam kunjungan tersebut, Kementerian BUMN menyerahkan bantuan CSR sebesar Rp2,49 Miliar.
Wakil Gubernur NTB, H. Muh Amin, SH.M.Si, menyambut kunjungan ketiga menteri di Desa Sembalun Lawang, tepatnya di halaman kantor Camat Sembalun, Lombok Timur, lokasi pendaratan helikopter yang ditumpangi oleh ketiga Menteri.
Dari lokasi ini ketiga Menteri didampingi Wagub NTB dan Wakil  Bupati Lombok Timur menuju Dusun Lebak Daya Desa Sembalun Lawang untuk melakukan penanaman bawang putih bersama sama petani bawang setempat.

         Menteri  Rini M. Soemarno mengatakan, Lombok Timur khususnya daerah Sembalun, memiliki potensi luar biasa untuk dikembangkan menjadi sentra bawang putih. Namun dewasa ini potensi Sembalun tersebut tertutup oleh berubahnya fungsi lahan pertanian dari bawang putih ke komoditas yang dianggap lebih menjanjikan oleh masyarakat setempat.

          “Saat ini tingkat konsumsi bawang putih kita mencapai sekitar 400.000 ton per tahun. Dengan luas lahan pertanian bawang putih saat ini seluas 2.563 ha, produksi bawang putih kita baru 20.295 ton per tahun. Dengan demikian kapasitas produksi bawang putih dalam negeri belum mengimbangi tingkat konsumsi masyarakat. Untuk itulah Kementerian BUMN bersinergi dengan Kementerian Pertanian, dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, dalam rangka mendorong dan membangun kejayaan Sembalun menjadi sentra bawang putih nasional,” terang Rini.

          Dalam kunjungan kerja tersebut BUMN berkomitmen untuk menyalurkan sejumlah bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) BUMN Hadir Untuk Negeri. Sejumlah BUMN antara lain Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Pupuk Indonesia, Angkasa Pura II, Sang Hyang Seri, Bulog dan Pertani pada acara itu menyerahkan  bantuan CSR senilai lebih dari Rp2,49 miliar kepada masyarakat Sembalun.

          “BUMN siap  memberikan dukungan bagi para petani untuk semangat mengembangkan lagi bawang putih. BUMN akan berikan Kartu Tani dan Kredit Usaha Rakyat meningkatkan produksi. Dari sisi pemasaran, Bulog juga akan menyerap hasil produksi sehingga petani mendapatkan keuntungan yang cukup. Jadi kami berharap bantuan ini dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat petani bawang di sini. Dengan demikian Sembalun dapat tampil menjadi sentra bawang putih di Indonesia,” ujar Rini.
(GA. IAG*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.