Header Ads

25 Kapal Perang dan 38 Negara Ikuti MNEK di NTB

Keterangan Foto: Sekretaris Daerah Prov. NTB, H.Rosyadi H.Sayuti, Ph.D. dengan pejabat dari Mabesal Kolonel Laut (P), Irvansyah, di RRU Kantor Gubernur NTB, Rabu (3/5/2017) 

Mataram, Garda Asakota.-

          NTB akan menjadi tuan rumah Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) ke-3 tahun 2018. Direncanakan sebanyak 38 negara akan turut ambil bagian pada event internasional tersebut. Selain itu, diperkirakan 25 kapal perang akan bersandar di perairan NTB. Hal itu dipaparkan pada pertemuan Sekretaris Daerah Prov. NTB, H.Rosyadi H.Sayuti, Ph.D. dengan pejabat dari Mabesal Kolonel Laut (P), Irvansyah, di RRU Kantor Gubernur NTB, Rabu (3/5/2017)
Setiap kapal yang ikut, akan berisi 200 personil prajurit TNI AL, hingga diperkirakan 6000 personil AL akan hadir di Lombok.  “Kami mantap untuk memilih Lombok dengan harapan dapat memberi nuansa positif bagi perkembangan pariwisata NTB,” kata Irvansyah.
 “MNEK memiliki makna strategis untuk mempromosikan kedaulatan wilayah laut Indonesia melalui kemitraan AL di dunia dengan kerangka latihan non kombatan serta mengangkat potensi daerah,” jelas Kolonel Ivansyah di hadapan Sekda dan pejabat pemprov yang hadir.

         MNEK merupakan kegiatan dua tahunan yang rutin digelar TNI AL. Setelah sebelumnya, MNEK ke-2 tahun 2016 digelar di Sumatera Barat, tahun 2018 mendatang Lombok akan menjadi tuan rumah. Demi kelancaran acara, pihak TNI AL telah melakukan survey di beberapa tempat, termasuk orientasi terkait kedalaman laut yang akan dijadikan sebagai lokasi acara. Berbagai rangkaian acara direncanakan akan turut memeriahkan gelaran MNEK ke-3, seperti kirab budaya yang menampilkan potensi budaya daerah, karya bhakti,ncity tour,nmedical civil action, pameran kapal dan peralatan perang, juga fun run/fun bike. Dan sebagai penanda historikal bahwa kegiatan ini sudah berlangsung di Lombok, nantinya  akan didirikan monument MNEK ke-3.

         Menyambut baik, Sekda menyampaikan kegiatan ini merupakan kesempatan emas yang sangat dinantikan NTB. “Event ini pasti akan menarik bagi banyak pihak. Di samping sebagai ajang promosi wisata daerah, ada nilai edukasi yang dapat diperoleh pelajar kita melalui kegiatan seperti ini. Saya yakin masyarakat Nusa Tenggara Barat akan sangat antusias menyaksikan dari dekat ketangguhan prajurit angkatan laut dari berbagai negara,” ungkapnya optimis.

         Karenanya, Sekda mengajak seluruh pihak, untuk bekerja keras mempersiapkan kegiatan ini, mengemas konsepnya sebaik mungkin agar mampu menarik perhatian dan minat wisatawan sebanyak-banyaknya. Ia juga menyatakan kesiapan Pemprov untuk mendukung kegiatan ini. “Silahkan TNI AL berkoordinasi dengan instansi terkait, untuk mempersiapkan acara ini,” tutupnya. (GA. IAG*).

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.