Header Ads

2 Mei, Pemenang Lomba Gerak Jalan Kabupaten Bima, Diumumkan

Drs. H. Supratman AS, M.Si












Mataram, Garda Asakota.-

Dalam rangka memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2017, Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Kabupaten Bima menggelar Lomba Gerak Jalan antar pelajar SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA lingkup kabupaten Bima, Kamis 27 April 2017.

          Menurut Kepala Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima, Drs. H. Supratman, AS., M.Si., tidak semua sekolah dapat diikutsertakan dalam kegiatan lomba gerak jalan tahun ini. “Untuk tiap-tiap kecamatan hanya mengutus enam (6)  regu dengan rincian dua (2) regu SD/MI, dua (2) regu SMP/MTs dan dua (2) regu SMA/MA. Jadi total peserta dari 18 kecamatan sebanyak 108 regu, namun yang hadir sebanyak 102 regu,” ungkap pria yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Bima ini.
Tema yang diusung pada Hardiknas Tahun ini, menurutnya, yakni pertama, Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas, kedua, Menuju Generasi yang Gemilang Melalui Penguatan Pendidikan yang Berkarakter yakni dengan Olah Hati (Agama), Olah Rasa (Seni Budaya,Budi Pekerti), Olah Pikir (Literasi), Olah Raga (Jasmani).

          Pengumuman Juara menurutnya akan dilakukan pada tanggal 2 mei 2017 setelah selesai upacara. Unsur-unsur penilaian katanya terdiri dari gerakan berjalan, jalan ditempat, berbalik arah, variasi, disiplin anggota regu, pemimpin pasukan, keindahan dan kerapian pakaian.
Sementara untuk tujuan diadakan lomba gerak jalan ini menurutnya adalah meningkatkan disiplin, kesehatan jasmani dan rohani, sportivitas serta kreatifitas bagi siswa.
Pantauan langsung Garda Asakota, para peserta lomba gerak jalan, memulai star di lapangan Desa Talabiu Kecamatan Woha dan dilepas oleh Sekertaris Dinas Dikbudpora, Drs. H. Lukman, M.Si, dan finish di Kantor Bupati Persiapan di Desa Dadibou Kecamatan Woha dan diterima lansung oleh Wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan M.Noer (DMN), Kadis Dikbudpora,  Drs. H. Supratman AS, M.Si, Ketua PKK, Hj. Rostiati S.Pd, Ketua Darma Wanita Persatuan, Hj.Winarti H.Taufik, Camat Woha, M. Candra Kusuma AP. Lomba Gerak Jalan yang dimulai pada jam 13.00 wita berakhir jam 18.00 wita. Pantauan wartawan media ini, kegiatan tersebut berjalan lancar dan aman.

Pengamat Pendidikan Pesimis Pendidikan di Kabi Bakal Maju


          Pemerhati Pendidikan yang juga putra daerah Kabupaten Bima yang sekarang berdomisi di Narmada Lombok Barat, Irfan H. Hasanuddin, S. Pd., saat diminta tanggapan oleh Garda Asakota tentang perkembangan Dunia Pendidikan di Kabupaten Bima mengatakan bahwa awalnya pihaknya mengaku optimis dunia pendidikan di Kabupaten Bima akan maju. Ini, menurutnya, ditandai dengan latar belakang pendidikan dan pekerjaan seorang Wakil Bupati yang pensiunan dari Kementerian Pendidikan Nasional RI. “Bagi kita, beliau adalah aset dan jarang dimiliki oleh daerah lain. Tapi setelah memimpin dan menempatkan para penjabat dilingkup Dikbudpora (Dinas dan UPT) saya malah pesimis dunia pendidikan di Kabupaten Bima akan maju. Contoh sederhana seorang UPT yang bukan latar belakang pendidikannya dari pendidik bagaimana bisa memahami kompetensi Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas, sementara disisi lain banyak masalah yang muncul seperti dualisme kepemimpinan di UPT Dikbudpora Kecamatan Monta antara yang dilantik dan yang menerima SK beda orangnya. Dan belum dilantiknya para Kabid dilingkup DIKBUDPORA,” ungkapnya. Kalau Pimpinan Daerah, menurutnya, terlalu mengedepankan pertimbangan politik dan kontribusi para penjabat yang diangkat, maka menurutnya, mustahil dunia pendidikan akan maju. (GA. Nawir*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.