Header Ads

TP PKK Kobi Tandatangani MoU Pemanfatan Pekarangan

Foto: Ketua TP PKK Kota Bima, Hj. Yani Marlina M  Qurais, Ketua GOW Kota Bima, Hj. Badriah H. Arahman, dan Ketua Iswara Kota Bima, Ny. Jumriah Feri Sofiyan, melakukan penanaman cabe secara simbolis.

Kota Bima, Garda Asakota.-
Ketua TP PKK Kota Bima, Hj. Yani Marlina M. Qurais bersama Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Ir. Syamsuddin, menandatangani Nota Kesepahaman Bersama (Memorandum of Understanding) tentang pemanfaatan pekarangan melalui gerakan Tanam Cabe Terintegrasi Unggas (Tancab Gas) melalui program “Hatinya PKK” dan Pengembangan Pangan Lokal, Rabu (05/04), di halaman kantor Bappeda Kota Bima.
Plt. Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Syahrial Nuryadin, S.IP, MM, menjelaskan, penandatanganan MoU yang disaksikan oleh Wakil Walikota Bima, H. A. Rahman H. Abidin, SE., bertujuan sebagai acuan sinergi pelaksanaan program untuk hasil yang optimal dalam pelaksanaan kegiatan ketahanan pangan melalui pemanfaatan lahan pekarangan. "Kesepakatan bersama ini diutamakan untuk percepatan penganekaragaman pangan yang meliputi promosi, kampanye dan sosialisasi dalam rangka penyadaran dan peningkatan peran serta masyarakat," ungkapnya mengutip penjelasan Ketua TP PKK.
Adapun ruang lingkup MoU lainnya yaitu, memberikan pendidikan dan penyuluhan konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA), fasilitasi kelompok/masyarakat dalam rangka mendukung optimalisasi pemanfaatan pekarangan dan pengembangan pangan lokal, fasilitasi tiap kepala keluarga dalam pengembangan budidaya tanaman; serta upaya-upaya lain  yang dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dalam rangka peningkatan ketahanan pangan dan gizi keluarga. “Hal ini sesuai dengan program pokok PKK, khususnya pada Program Pangan. Salah satu Misi PKK antara lain meningkatkan kualitas dan kuantitas pangan keluarga, serta peningkatan pemanfaatan pekarangan melalui “Hatinya PKK” (Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman), sandang dan perumahan serta tata laksana rumah tangga yang sehat”, jelasnya.
 Lebih lanjut disampaikannya, dalam program ketahanan pangan yang perlu diperhatikan adalah pengenalan potensi sumber pangan di sekitar kita yakni pemanfaatan pekarangan. Mengingat fungsi pekarangan itu begitu luas yakni Lumbung Pangan Keluarga, Apotik Hidup (Tanaman Obat Keluarga - TOGA) , Warung Hidup dan Bank Hidup. Semua fungsi itu sangat membantu keluarga saat kekurangan, baik itu kekurangan karbohidrat, protein maupun vitamin dan mineral yang dibutuhkan bagi perbaikan gizi keluarga.
Setelah penandatanganan MoU, secara simbolis Ketua TP PKK Kota Bima, Ketua GOW Kota Bima, Ketua Iswara Kota Bima serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan melakukan penanaman cabe secara simbolis pada wadah tanam. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.