Header Ads

dr. Ifa: Wan Haris Positif Diabetes

Foto: dr. Fatimah Tuzzahro 
Kabupaten Bima, Garda Asakota.-
          Setelah dilakukan pengecekan atas kondisi penyakitnya, Wan Haris, warga Desa Tambe Kecamatan Bolo Kabupaten Bima positif mengidap penyakit diabetes. Dokter Puskesmas Kecamatan Bolo, dr. Fatimah Tuzzahro, yang memeriksa kondisi Wan Haris mengakuinya. "Wan Haris positif mengidap penyakit diabetes," demikian disampaikan Dokter Ifah, saat turun langsung memeriksa kondisi Wan Haris di kediamanannya Desa Tambe, Selasa (25/4) kemarin.
          Dikatakannya, pada pemeriksaan yang dilakukan kondisi  pasiennya itu mengalami tekanan gula darah HI (yakni di atas 500).  Selain memeriksa tekanan gula darah, pihaknya didampingi petugas Laboratorium dan Kepala UPT Kesehatan Bolo juga melakukan pemeriksaan asam urat dan tekanan darah. "Namun untuk hasil tekanan darah dan asam uratnya dinyatakan normal, " ujarnya.
Dengan kondisi tersebut pihaknya menyarankan agar dilakukan rujuk di ke Rumah Sakit Umum Bima,mengingat kondisinya yang harus dilakukan terapi insulin. “Kita sarankan agar secepatnya dilakukan rujuk untuk mendapatkan pelayanan medis,” terangnya.
Pasien, Wan Haris

          Dia menambahkan, sesuai hasil konfirmasi dengan pasien tersebut bahwa penyakit yang dialaminya sudah berjalan lama, bahkan pernah dilakukan rawat inap di RSU Bima dan control di RSU Dompu. Pasien pada bulan Februari 2017 lalu pernah jatuh di kamar mandi rumahnya. Pasca jatuh tersebut, Wan Haris, tidak pernah melakukan control dan pemeriksaan, hingga menyebabkan  tidak bisa berjalan. "Sekarang kondisinya hanya berbaring saja, dan ini yang membuat pasien tidak memeriksakan kembali kondisinya," tutur Ifa. Pihaknya menyarankan keluarga agar mendampingi Wan Haris untuk menggerakkan tubuhnya. "Sebab gerakan tubuh ini penting agar kondisi tidak semakin buruk," harapnya. (GA. Marlin*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.