Header Ads

Aset Koperasi OBOR Kota Bima Alami Peningkatkan

Foto: Thamrin MT, S.Pd
Kota Bima, Garda Asakota.-
Tiga puluh delapan tahun usianya sekarang sudah lebih dari 800 orang anggota yang tergabung dalam wadah Koperasi Persatuan Guru-Guru Kota Bima Koperasi "OBOR". Koperasi ini, kata Sekretaris Koperasi OBOR Kota Bima, Thamrin, MT, S.Pd.,terbentuk sejak tahun 1979. Kiprahnya sudah tidak diragukan lagi terkait dengan eksistensinya dalam menunjang kelangsungan kebutuhan para anggota. "Alhamdulillah perkembangannya hingga saat ini cukup baik," ujarnya kepada Garda Asakota, Selasa (25/4).
          Diakuinya, rutinitas pihaknya dalam kepengurusan bersama para anggota adalah selalu mengeluarkan dana simpanan  wajib sebesar Rp75 ribu per  orang dari 800 anggota yang ada.  Ini berarti setiap bulannya selalu terkumpul dana sebesar Rp60 juta dan setahunnya ada dana Rp720 juta. "Jadi tidaklah mengherankan kalau dalam usianya sekarang Koperasi OBOR kini terdapat dana tunai sebesar Rp12 Milyar," terangnya.

         Tidak hanya itu saja, kata Thamrin, setiap tahunnya Koperasi OBOR selalu mengalami kenaikan dalam sisi keuntungannya dimana di tahun 2016 lalu tercatat Rp1,7 Milyar dana segar yang berhasil diperoleh koperasi yang dalam realisasinya sesuai dengan kesepakatan bersama para anggota bahwa laba tersebut dibagi dua, 60 porsen untuk seluruh anggota koperasi dan 40 porsennya untuk honor pengurus dan tambahan modal koperasi.

          Dari sisi pinjaman, pihaknya tidak dipersulit oleh pemberi pinjaman di Jakarta karena ada saling percaya antara pihaknya, sehingga berapapun kebutuhan anggota selalu siap diberikan. "Bahkan atas prestasi yang kami raih setiap tahunnya beberapa waktu lalu kami mendapatkan bonus dari koperasi induk di Jakarta untuk liburan ke Singapura, Malaysia, dan Batam," pungkas pria yang mengandi di SDN 59 Jatibaru KOTA Bima. (GA. Tony*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.