Header Ads

Tingkat Konsumsi Ikan Laut Rendah, DKP Kobi Gelar Lomba Masak Ikan Laut

Foto: Ketua TP PKK Kota Bima, Hj. Yani Marlina HM Qurais, diapit Ketua GOW Kota Bima, Hj. Badrah H. A. Rahman dan Ketua Iswara DPRD Kota Bima, Jumriah Feri Sofiyan. 

Kota Bima, Garda Asakota.-
Tingkat konsumsi ikan laut di kalangan masyarakat Kota Bima masih sangat rendah dibandingkan dengan di daerah-daerah lain. Diperlukan suatu motivasi dan inovasi agar masyarakat lebih meminati konsumsi ikan laut ketimbang mengkonsumsi daging merah yang cenderung rentan mengakibatkan penyakit bagi tubuh manusia. Didasari oleh pertimbangan itu, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bima melalui inovasi menu masakan berbahan baku ikan menggelar lomba masak untuk meningkatkan minat konsumsi ikan laut bagi masyarakat Kota Bima.
Kegiatan lomba masak berbahan ikan baku tersebut diikuti oleh lebih kurang 40 regu dan menyajikan 100 lebih menu dari ikan laut.
“Pada kegiaan ini, masing-masing regu menyajikan menu untuk sarapan, makan siang dan makan malam,” ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bima, Ir. Hj. Siti Zaenab, saat ditemui Garda Asakota dilokasi kegiatan halaman Eks Kantor Walikota, Kamis (16/03).
Ditempat yang sama, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Bima, Hj. Yani Marlina HM Qurais, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat berpengaruh positif dan luar biasa bagi tumbuhnya minat masyarakat Kota Bima dalam mengkonsumsi ikan laut. Apalagi menurutnya kegiatan seperti ini mengajarkan warga untuk lebih inovatif dalam mengolah ikan atau hasil laut.
“Saya rasa selama ini, kita selalu mengkonsumsi model menu itu-itu saja. Dan tentu membuat kita bosan. Pastinya lewat kegiatan ini warga diajak untuk kreatif dalam mengolah hasil laut,” kata Hj. Yani dilokasi kegiatan lomba masak.
Menurutnya, mengkonsumsi ikan laut itu sangat baik untuk kesehatan. Keluarga lebih sehat dan kuat jika mengkonsumsi ikan laut. Apalagi selama ini, katanya, minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan laut masih cukup rendah. Padahal ikan laut itu, lanjutnya, mengandung omega3, vitamin, protein, gizi dan kebutuhan tubuh lainnya. “Hingga akan sangat menyehatkan dan mencerdaskan generasi bangsa,” timpalnya.
Hj. Yani berharap agar kedepannya kegiatan seperti yang digelar saat ini dapat terus ditingkatkan. “Supaya anak-anak dan keluarga bisa lebih tertarik untuk mengkonsumsi ikan laut,” timpalnya lagi.
Ditempat yang sama pula, Ketua GOW Kota Bima, Hj. Badrah, mengaku sangat mengapresiasi adanya kegiatan DKP tersebut. Apalagi ditengah rendahnya minat masyarakat Kota Bima mengkonsumsi ikan laut. “Untuk itu, kegiatan seperti ini kedepannya harus melibatkan lagi masyarakat secara luas supaya mereka dapat memahami dan mengolah hasil laut.
“Saya berharap kegiatan seperti ini harus terus dilakukan dimasa-masa mendatang, agar masyarakat dapat meningkatkan inovasi pengolahan ikan laut,” ujar Hj. Badrah yang merupakan istri dari Wakil Walikota Bima.
Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Iswara Kota Bima, Jumriah. Menurutnya,  kegiatan yang digelar oleh DKP Kota Bima ini sangat memacu motivasi masyarakat dalam mengolah masakan yang berbahan baku ikan. “Terbukti peserta lomba mampu menyediakan berbagai menu masakan ikan laut yang inovatif dan memiliki cita rasa yang bagus. Kami berharap agar kegiatan semacam ini kedepannya dapat terus dilakukan. Bila perlu dijadikan program tahunan agar masyarakat dapat lebih mengetahui sejauh mana khasiat atau kandungan gizi dari ikan laut untuk kesehatan. Terutama sekali bagi anak-anak yang berusia dini, karena akan sangat berpengaruh besar pada tingkat kecerdasannya,” ujar istri Ketua DPRD Kota Bima ini. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.