Header Ads

Tim Lomba Desa Jelajahi Mawu dan Mandala

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-
Tim lomba desa tingkat Kabupaten Bima nemulai pelaksanaan evaluasi perkembangan desa di Kabupaten Bima, Kamis (23/3) di desa Mawu Kecamatan Ambalawi dan desa Mandala Kecamatan Wera. Di desa Mawu, tim lomba desa yang dipimpin Sekretaris BPMDes, Drs. Gunawan, memulai penilaian di desa Mawu Ambalawi. Di desa yang terbentuk sejak tahun 1934 itu tim disambut kesenian hadrah rebana dan ratusan warga.
Kepala Desa Mawu, Abidin Afabdir, SE, mengemukakan, bahwa desanya memiliki produk unggulan lokal seperti padi, jagung, kacang tanah dan aneka makanan lainnya. "Kacang tanah sangat banyak ditanam warga, namun belum diolah secara maksimal akibat terbatasnya peralatan dan tekhnologi pengolahan," katanya seperti dilansir Kabag Humaspro Setda, Armin Farid, S. Sos.
Disamping itu, kata dia, desa Mawu masih melestarikan tradisi Mbolo Weki dan kesenian tradisional seperti Gantoang, Biola Gambo dan Hadrah Rebana. Warga desa Mawu juga menggeluti usaha meubelair pembuatan meja dari akar pohon jati alam. "Sebagian besar warga Mawu berprofesi sebagai petani dan Nelayan," akunya.
Dari desa Mawu, Tim Lomba desa yang juga didampingi oleh Ketua PKK kabupaten Bima, Hj. Rostiaty Dahlan, S.Pd, meuju desa Mandala Kecamatan Wera. Kepala Desa Mandala, H. Mahmud HM. Ali,  antara mengemukakan bahwa desa Mandala adalah pemekaran dari Desa Nunggi. Luas wilayah desa Mandala 452 km dengan jumlah penduduk 1116 jiwa. Desa Mandala telah 95 porsen memiliki jamban  keluarga pada tahun 2015 dan pada tahun 2016 telah mencapai 99.99 porsen. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.