Header Ads

Tim Lomba Desa Kunjungi Tanah Putih

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-
Setelah melakukan penilaian di Desa Rato Kecamatan Lambu Kabupaten Bima, Tim Lomba Desa mengunjungi desa Tanah Putih Kecamatan Sape, Senin sore ini (27/3). Di desa yang dijuluki Dana Bura ini tim yang diketuai oleh, Drs. Sirajuddin AP, MM (Kepala BPMDes) disambut meriah dengan atraksi kesenian oleh Camat Sape beserta unsur Muspika, kepala desa se-Kecamatan Sape dan masyarakat setempat. Dihadapan Tim, Kades Tana Putih, Khaeruddin, S.Hut, menyinggung luas wilayah Tanah Putih seluas 1720 Ha dengan jumlah penduduk  1444 jiwa dan jumlah KK  sebanyak 384 KK terdiri dari 3 dusun 12 RT dan 6 RW.
Dikatakannya, tanah putih memiliki sejarah panjang dan setiap kata pada nama desa ini memiliki makna tersendiri yaitu T berarti Taqwa, A berarti Amanah, N berarti No Narkoba, A berarti Aman dan H berarti Humanis. Sedangkan Arti pada kata Putih adalah P berarti pacu pembangunan, U berarti Ulet dan tidak mudah putus Asa. T berarti Taat, I berarti indah dan H berarti hikmah atau bijaksana.
Ketua Tim penilai, Drs. Sirajuddin AP, MM, pada kesempatan itu menyebut adanya 14 indikator penilaian dalam lomba desa tahun 2017 sesuai Kepmendagri nomor 81 tahun 2015 dan dua indikator yang baru adalah siaga bencana dan pemanfaatan tekhnologi informasi atau e government. Dikatakannya, kesiapsiagaan pemerintah desa dan masyarakat dalam menghadapi bencana menjadi salah satu unsur penilaian mengingat akhir akhir ini sering terjadi bencana. "Demikian pula halnya dengan penerapan tekhonologi informasi yang mutlak diperlukan dalam rangka publikasi dan transparansi program dan kegiatan pembangunan di desa," ungkap Sirajuddin AP, seperti dilansir Kabag Humaspro Setda melalui Kasubag Informasi, Ruslan, S. Sos. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.