Header Ads

Kades Mandala Akui Manfaatkan ADD Sesuai Usulan per Dusun


Foto: Kades Mandala
Garda Asakota, Kabupaten Bima.- Pemanfaatan Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2015 dan 2016 lalu sudah dialokasikan sesuai usulan dan kebutuhan dusun yang ada. "Semua program dibagi ke setiap Dusun berdasarkan kebutuhan masing- masing Dusun," ujar Kepala Desa Mandala Kecamatan Wera Kabupaten Bima, H. Mahmud, pada media ini, Jumat (3/3). Sama seperti tahun lalu, kata dia, program pembangunan desa juga tetap mengacu pada usulan dari masing-masing dusun. Salah program prioritas 2017 adalah menuntaskan tahun pemagaran keliling lahan sawah yang ada di Desa Mandala. "Tahun 2016 lalu sudah lebih dari 4 Km, sisanya akan dituntaskan tahun 2017 ini," tuturnya. Selain itu tambah H.Mahmud, juga akan diprioritaskan Jalan Usaha Tani (JUT) yang menjadi usulan masyarakat.
Sedangkan khusus anggaran untuk pemberdayaan, rencananya akan dilakukan pengadaan ternak kambing, sebagai lanjutan program tahun lalu. "Itu hanya beberapa contoh program saja," kata pria yang  menjadi perhatian Kades pertama setelah dimekarkan dari Desa Nunggi tersebut.
Sementara itu, program Pemerataan yang dilakukan oleh Kades Mandala, diakui oleh Kepala dusun yang ada. Kadus Gendapati, Boy misalnya, membenarkan adanya distribusi progam sesuai kebutuhan tingkat dusun. "Iya benar pak. Warga Dusun Gendapati mengusulkan pembuatan Talud gang, itu sudah direalisasikan. Demikian juga dengan pembagian ternak, merata ke setiap dusun meskipun hanya lima sampai 10 ekor untuk satu dusun," jelasnya.
(GA. Nuski*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.