Header Ads

Ini Potensi Desa Bre yang Belum Banyak Dikembangkan

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-
Desa Bre adalah salah satu dari 12 desa di Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima. Desa ini memiliki beberapa potensi yang belum banyak dikembangkan khususnya sayur sayuran dan peternakan Sapi Iinseminasi Buatan. Kades Bre,bH.Ruslan H.M Ali, kepada Tim Penilai Lomba desa tingkat Kabupaten Bima mengemukakan bahwa masyarakat desa Bre banyak yang berprofesi sebagai petani sayuran khususnya Kangkung dan Kol.
Disamping itu, kata dia, warga Bre juga mengembangkan usaha peternakan Sapi Iinseminasi buatan. Dari kotoran Sapi, masyarakaf Bre sudah membuatnya menjadi energi Biogas untuk keperluan sehari-hari.
Sayuran dari desa Bre  kebanyakan dipasarkan secara manual ke pasar pasar tradisional seprerti di Tente, Kota Bima, Dompu bahkan Sumbawa. "Potensi ini belum banyak dikembangkan secara massal sehingga komoditi Kangkung dan kol asal Bre mampu secara rutin menenuhi kebutuhan pasar," ungkapnya.
Disamping sayuran, sambung Kades, warga Bre juga menanam padi, umbi umbian dan kacang kacangan. Khusus pengembangan peternakan Sapi, saat ini populasi Sapi IB sekitar 125 Ekor induk dan pejantan dengan harga mencapai Rp15 juta hingga Rp17. "Disamping sayuran dan Sapi IB, kelompok usaha perempuan desa Bre juga mengembangkan usaha jajan tradisional Rengginang dan tenunan," pungkasnya. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.