Header Ads

Ini Desa dengan Angka Harapan Hidup di Atas 70 Tahun

Foto: Kades Pesa
Kabupaten Bima, Garda Asakota.-
Kepala Desa Pesa Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Rudi Hartono,  ketika  menerima Tim Penilai Lomba Desa tingkat Kabupaten Bima 2017 mengemukakan bahwa angka harapan hidup di desanya rata-rata di atas 70 tahun. Dikatakannya, keberhasilan pembangunan bidang kesehatan di desa Pesa ditunjukkan dengan tidak adanya gizi buruk dua tahun terakhir. Selama dua terakhir juga tidak terjadi kematian ibu hamil dan melahirkan. "Alhamdulillah, kematian bayi nol serta usia harapan hidup di atas tujuh puluh tahun," ungkapnya.
Rudi Hartono mengaku bahwa hal itu tidak  terlepas dari upaya pemerintah kabupaten Bima, pemerintah kecamatan, dan desa melaksanakan secara konsisten program program kesehatan seperti sosialsasi dan implementasi pola hidup sehat, kegiatan posyandu, maupun gerakan sayang ibu dan merupakan  kerja keras dari kader posyandu sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan di desa.
Diakuinya, dalam rangka meningkatkan kualitas kader telah dilakukan berbagai pelatihan untuk memotivasi para kader dalam melayani ibu, bayi dan balita di di posyandu. Dia juga memaparkan tentang meningkatnya cakupan imunisasi polio dari 45 orang pada tahun 2015 menjadi 47 orang pada tahun 2016. Cakupan jamban keluarga juga mengalami peningkatan 638 rumah tangga pada tahun 2015 menjadi 567 rumah tangga pada tahun 2016. Hal ini menunjukkan bahwa 84,41 porsen Rumah Tangga di desa Pesa memiliki jamban keluarga dan yang belum memiliki jamban menggunakan WC umum.

Pesa, Desa Teraman di Wawo

Di sisi lain, Kepala Desa Pesa Rudi Hartono saat memaparkan tentang  potensi dan perkembangan Desanya di hadapan Tim Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bima pada Jumat 24 Maret 2017 di kantor Desa Pesa, mengaku bahwa tingkat keamanan dan ketertiban desa terwujud berkat peran aktif para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, babinsa dan babinkantibmas dalam memberikan pemahaman dan kesadaran warga akan pentingnya suasana kondusif dalam kehidupan masyarakat.
Diakuinya, suasana aman dan tertib itu juga berkat tingginya kesadaran masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban wilayah desa. "Hal itu ditunjukkan dengan adanya pos pos jaga setiap RW dan dusun dan diterapkan Ronda atau patroli kanpung setiap malam," ungkapnya seperti dilansir Kabag Humaspro Setda melalui Kasubag Informasi dan Pemberitaan, Ruslan, S. Sos.
Desa Pesa berada pada ketinggian 426 meter di atas pernukaan laut dan terdiri dari 3 dusun dan 10 Rukun Tetangga.  Desa yang memiliki luas 1.037.00 Ha dengan jumlah penduduk  2.036 jiwa. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.