Header Ads

Hasil Diklat Cakep Diumumkan, Kewenangan Melantik Ada di Tangan Bupati

Foto: H. Muh Irfan, MM
Mataram, Garda Asakota.-
Akhir tahun lalu, Pemkab Bima bekerjasama dengan LPMP NTB dan LP2KS  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menggelar kegiatan testing Calon Kepala Sekolah (Cakep) untuk jenjang SD dan SMP di lingkup Pendidikan Kabupaten Bima. Setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi oleh Pemda, para peserta kemudian mengikuti tahapan Diklat selama tiga bulan, yang dibagi kedalam dua angkatan Diklat. Menurut Kepala LPMP NTB,  Drs. H. Muh Irfan, MM, dari 81 orang peserta Diklat angkatan pertama sebanyak 79 orang diantaranya memenuhi syarat kecuali dua orang peserta yang dinyatakan hasilnya kurang memuaskan karena ada salah satu tahapan Diklat yang tidak diikuti.
Sebelumnya, kata dia, mereka ini (angkatan pertama, red) diseleksi administrasi oleh Pemda, kemudian setelah dinyatakan memenuhi syarat LP2KS bersama LPMP melaksanakan seleksi akademik, dan kemudian baru mengikuti Diklat selama tiga bulan yang meliputi In Service 1, OJT (on the job taining) di sekolah,  dan In Service 2. "Baru setelah itu, dilakukan penilaian seperti keterangan dalam kelulusannya. Ada penilaian memuaskan, kurang memuaskan dan sangat memuaskan," ucap pria kelahiran Rabangodu Kota Bima ini, Kamis (23/3).
Diakuinya, hasil Diklat Cakep angkatan pertama itu selanjutnya sudah diserahkan ke Pemkab Bima dan kemudian akan menjadi kewenangan Bupati untuk mengindahkannya. "Silahkan dalam hal pengangkatan, itu sudah menjadi kewenangan Bupati," ucapnya.
Meski demikian, dia berharap kepada Bupati Bima agar para Cakep yang dinyatakan lulus Diklat itu bisa diangkat dan dilantik semuanya. "Kalau bisa 79 orang yang dinyatakan lulus itu diangkat, karena memang mereka ini sudah disiapkan untuk itu (menjadi Kasek, red) sesuai Permendikbud," tegasnya.
Berdasarkan informasi yang dihimpun Garda Asakota, dari 81 yang diumumkan itu, 6 orang diantaranya dinyatakan meraih hasil  sangat memuaskan, sedangkan sisanya memuaskan dan kurang memuaskan. Mereka yang mendapat penilaian sangat memuaskan yaitu, Ibrahim, S.Pd SMPN-4 Bolo, Aswad, S.Pd SMPN 3 Madapangga, Muslim, S. Pd SMP 2 Woha, Abdul Hair, S. Pd SMP 4 Woha, Sri Nuriyati, S.Pd SMP 1 Monta, dan Marwan, S. Pd, dari SMP 1 Bolo. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.