Header Ads

Gubernur NTB Akan Jajaki Kerjasama Pengembangan Geo Park dengan Provinsi Jeju Korsel

Foto: H. Yusron Hadi
Mataram, Garda Asakota.-
Gubernur NTB, DR. TGH. M. Zainul Majdi., LC., diundang khusus oleh Pemerintah Provinsi Jeju Korea Selatan guna menghadiri Konferensi Internasional tentang Green Development dan Blue Energy. Informasinya acara ini bakal dihelat dari tanggal 15 Maret hingga tanggal 22 Maret mendatang di Provinsi Jeju Korsel. Dalam kesempatan itu juga nantinya Gubernur NTB akan mencoba menjajaki sebuah kerjasama (MoU) dengan Gubernur Provinsi Jeju Korsel menyangkut pengembangan Global Geo Park Rinjani dan atau Tambora.
Kepala Biro Humas Provinsi NTB, H. Yusron Hadi, yang ditemui wartawan Garda Asakota diruang kerjanya pada Kamis (02/02), membenarkan adanya undangan dari Pemerintah Korsel khususnya dari Gubernur Provinsi Jeju untuk menghadiri Konferensi International mengenai Blue Energy.
“Saat ini masih dalam tingkat persiapan. Insya Alloh jika tidak ada halangan sekitar pertengahan Maret ini, Gubernur NTB beserta beberapa Kepala SKPD akan berangkat ke Korsel, khususnya Provinsi Jeju untuk menghadiri Konferensi International mengenai Blue Energy,” terang Karo Humas Pemprov NTB menanggapi pertanyaan wartawan media ini.
Menurutnya, Pemerintahan Provinsi Jeju sangat tertarik melihat bagaimana prinsip-prinsip pembangunan di NTB yang berbasis Green Development dan Blue Energy yang ada di NTB. Salah satu ketertarikan mereka, menurutnya, adalah contoh konkrit pembangunan yang ada di Tiga Gili. “Disana dikenal konsep pembangunan Tanpa Kendaraan Bermotor baik Roda Dua maupun Roda Empat. Oleh mereka hal itu dianggap sebagai sebuah terobosan pembangunan. Dan mereka juga menganggap bahwa itu adalah salah satu keunikan pembangunan di NTB. Memang kawasan di Tiga Gili itu adalah juga merupakan sebuah kawasan konservasi baik di lautnya maupun di daratnya. Hal itu juga yang membuat mereka sangat tertarik. Dan memang secara fisik kewilayahan antara Provinsi Jeju dengan NTB ada kemiripan yakni sama-sama sebuah wilayah kepulauan yang membangun prinsip Pembangunan Berkelanjutan,” jelas Yusron kepada wartawan.
Disamping itu, lanjutnya, keberadaan Gunung Tambora dan Gunung Rinjani di NTB ini merupakan Global Geo Park. “Dan kita tahu bersama Rinjani juga akan menjadi Global Geo Park Dunia. Dan tentu sangat positif bilamana pak Gubernur hadir memenuhi undangan ini nanti kita bisa share bagaimana pengalaman Provinsi Jeju Korsel sebagai salah satu daerah yang menjadi Global Geo Park Dunia mengembangkan Global Geo Parknya begitu pun dengan kita. Jadi nanti kita bisa share pengalaman dan kita bisa bekejasama dalam hal ini dan itu menjadi salah satu prasyarat bagi Global Geo Park Dunia. Jadi sebuah Global Geo Park itu harus bisa membangun komunikasi dengan Global Geo Park yang terdekat dengan wilayahnya dalam hal ini Korsel ini salah satu Negara lain yang dekat dengan kita,” terangnya.
Jadi ada banyak keuntungan dari lawatan Bapak Gubernur nanti. Selain memenuhi undangan dari Pemerintah Korsel kaitan dengan Konferensi Internasional mengenai Blue Energy dan Blue Development dan NTB dipandang memiliki komitmen dan konsistensi dalam kaitan dengan hal itu. “Nah disamping itu, akan terjalin suatu kolaborasi dengan Propinsi Jeju khususnya dengan Global Geo Park mereka. Syukur-syukur nanti ada MoU antara Gubernur NTB dengan Gubernur Jeju yang berkaitan dengan pengembangan Global Geo Park di NTB baik itu di Rinjani maupun di Tambora,” jelasnya lagi.
Menurutnya, Provinsi di Indonesia yang diundang oleh Provinsi Jeju Korsel ini hanya Provinsi NTB. “Jadi ini undangan khusus untuk NTB. Dan bisa juga disebut kunjungan balasan bapak Gubernur NTB atas kunjungan Bapak Gubernur Jeju beberapa waktu lalu,” cetusnya.
Dalam kesempatan itu juga, kata Yusron, Gubernur NTB akan memberikan presentasi tentang bagaimana Green Development dan Blue Energy ini berlangsung di NTB.  “Beliau juga akan bicara tentang Green Spacial Planning dan Blue Economy. Dalam acara International Leader Roundtable Forum yang ke-IV.  Sekaligus nanti ada Expo Electrical Vehicle. Pameran Kendaraan Non Polusi,” tandas Yusron. (GA. IAG*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.