Header Ads

Beberapa Sekolah Keluhkan Belum Cairnya Dana BOS SMA Triwulan Ke-IV 2016

Foto: Bendahara SMA-2 Madapangga
Kabupaten Bima, GardaAsakota.-
Memasuki akhir bulan Maret 2017, beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kecamatan Madapangga mempertanyakan belum dicairkannya dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) Triwulan Ke-IV pada tahun 2016. Pada masa Triwulan Ke-IV Tahun 2016, kewenangan pengelolaan anggaran SMA/SMK masih berada ditangan Kabupaten Bima. “Dana BOS kami di triwulan ke-IV tahun 2016 belum dicairkan hingga saat sekarang. Kami juga tidak tahu alasan Pemerintah tidak mencairkannya. Padahal setahu kami, ada beberapa sekolah yang telah mendapatkan kucuran dana BOS Triwulan Ke-IV nya. Kenapa dana BOS sekolah kami tidak dicairkan yah,” keluh bendahara SMA 2 Madapangga, Sudirman Kasim, saat ditanyakan oleh wartawan Garda Asakota pada Sabtu (25/03) lalu.
Menurutnya, dana BOS SMA 2 Madapangga yang masih belum dicairkan itu sebesar Rp31 juta lebih. “Dan uang itu sebenarnya akan dipergunakan untuk menutupi hutang operasional pelaksanaan kegiatan Sekolah tahun 2016 lalu. Kami sangat berharap agar dana yang belum dicairkan ini dapat dicairkan sesegera mungkin,” harapnya.
Untuk dana BOS Triwulan I Tahun 2017 paska kewenangannya dipegang oleh pihak Pemprop NTB, menurutnya anggaran BOS telah 20 persen cair.
Hal serupa juga terjadi pada SMAN I Madapangga, melalui bendahara setempat Rahmanto S.Pd., mengakui anggaran Dana BOS Triwulan ke-IV masih sebagaian belum cair. Dari 708 siswa, yang telah dicairkan hanya untuk 499 siswa saja yakni sebesar Rp 174.650.000. “Sedangkan sisa dari anggaran tersebut masih ada senilai Rp 73.150.000,” keluhnya.
Hal ini tentu saja menjadi beban dirinya bersama Kepala Sekolah. “Apalagi dana ini bukan dana yang sedikit,” timpalnya.
Kepala SMAN 3 Bolo, Drs. M. Saleh S.Pd., ditempat terpisah mengungkapkan anggaran triwulan ke-IV tahun 2016 lalu bagi sekolahnya telah cair bahkan SPJ-nya telah dikirim ke Pemerintah Propinsi. Dirinya mengaku heran kalau masih ada sekolah yang belum cair dana BOS triwulan ke-IV itu.
Kepala UPTD Layanan Dikmen Pl-Plk Bima, Drs. Hafid M.M, mengaku kewenangan pihaknya dalam menyalurkan dana BOS itu adalah sejak Januari 2017. “Dan saat ini anggaran Dana Bos Triwulan I Tahun 2017 telah diterima jajaran SMA/SMK yang ada di wilayah Kabupaten Bima. Adapun belum cairnya dana BOS pada triwulan ke-IV tahun 2016 bagi sebagian Sekolah itu, sy akan coba berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bima,” ucapnya. (GA.Marlin*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.