Header Ads

Sejak 2009, Disnakertrans NTB Simpan Dana Pinjaman TKI di BSM dan Koperasi

Ilustrasi
Mataram, Garda Asakota.-
Tenaga Kerja Indonesia (TKI) itu merupakan Pahlawan Devisa yang ikut memberikan sumbangan terhadap kemajuan perekonomian bangsa dan daerahnya. Dalam rangka membantu TKI mengurus aspek administrasinya sebelum berangkat. Pemerintah Provinsi NTB sejak tahun 2009 lalu telah menginvestasikan dana sebesar Rp2 Milyar kepada Bank Syariah Mandiri (BSM) dan dana sebesar Rp980 juta kepada sepuluh (10) Koperasi di NTB untuk membantu TKI mendapatkan pinjaman. Dari total dana itu, Pemerintah menetapkan besaran bantuan pinjaman yang bisa diberikan kepada satu orang TKI itu adalah sebesar Rp2,5 juta per TKI.
“Hingga saat sekarang, dana di BSM itu angkanya masih konstan dan tidak ada masalah. Bahkan pengelolaannya pun dilakukan dengan cara bagi hasil. Yakni ada sekitar 2 persen untuk BSM dan sisanya untuk PAD. Kalau untuk PAD itu ditentukan yakni dari Rp100 juta itu ada sekitar Rp500 ribu untuk kontribusi PAD per bulannya. Jadi kalau nilainya sebesar Rp2 Milyar, berarti ada sekitar Rp20 juta per bulan untuk kontribusi PAD kita,” terang Kasi Penempatan Kerja Disnakertrans Provinsi NTB, Abdul Hadi, kepada wartawan, Kamis (16/02).
Sementara yang berkaitan dengan dana begulir yang diperuntukan untuk membantu TKI yang disimpan di sepuluh (10) Koperasi sejak tahun 2009 lalu, menurutnya, terkendala karena ada prosedur pemberian pinjaman yang tidak menggunakan jaminan pada saat peminjaman.
“Jadi ini sangat berbeda karena dia memberikan pinjaman kepada TKI itu tanpa adanya jaminan. Sehingga dalam prakteknya, ada yang rajin nyetor kembali dan ada juga yang macet bahkan Koperasinya tutup. Ini kendalanya,” keluh Abdul Hadi.
Menurutnya, untuk mendapatkan dana pinjaman dari BSM maupun Koperasi itu, prosedurnya tidaklah terlalu sulit. “Tinggal datang ke BSM dan lengkapi syarat-syarat yang ada. Maka uang sudah bisa dicairkan. Hanya saja nanti akan dikenakan bunga yang tidak terlalu besar. Dan dari bunga itulah ada pendapatan untuk BSM dan untuk PAD,” tandasnya. (GA. IAG*)

2 comments:

  1. ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya wanda hamidah, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh. Safrijal atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

    ReplyDelete
  2. Mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses sekarang. Perkenalkan terlebih dahulu saya Sahra Atifah biasa di panggil Sahra, dulu Saya bekerja di salah satu Seafood restaurant di Dubai, tapi saya sudah menyerah tinggal disana. Tapi saya tetap ikhtiar. Dulu pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos. sempat saya putus asa,gaji pun selalu di kirim ke indonesia untuk biaya orang tua di kampung, sedangkan hutang banyak, kebetulan buka-buka internet mendapatkan website jobstkwluarnegeri.blogspot.com. waktu itu saya langsung buka alamat tersebut. Dan Kebetulan ada nama Mbah Suro katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan Pesugihan Dana Ghaib. dengan keadaan susah jadi saya coba beranikan diri menhubungi langsung nomernya +6282354640471 dan berkenalan dengan beliau Mbah Suro, Dan saya menceritakan keadaan saya. Beliau menyarankan untuk mengatasi masalah perekonomian saya dengan Pesugihan Dana Ghaib nya. Dan alhamdulillah benar-benar terbukti nyata hasil nya sekarang. terima kasih banyak ya allah atas semua rejekimu selama ini..

    ReplyDelete

elshandy creative. Powered by Blogger.