Header Ads

Kondisi Jalan Monggo-Candi Rusak Parah, Warga Resah

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-Kondisi jalan di Watas Desa Monggo serta Desa Ncandi Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima saat ini sangat memprihatinkan.  Dian Warga Desa Ncandi mengaku kerusakan jalan tersebut telah lama seperti ini. "Apalagi ketika musim hujan datang,  keadaannya tambah parah," ungkapnya pada media ini, Sabtu (18/2).
Pemilik Cafe Kedai Kopi ini  mengaku sering mendengar perbincangan warga masyarakat khususnya generasi muda baik yang ada di Desa maupun para Mahasiswa yang lagi menimba ilmu di luar Daerah terkait dengan kerusakan jalan di desa mereka. "Jalan di desa kita kok seperti ini keadaannya, itulah salah satu keluhan mereka baik lewat dunia medsos maupun diskusi ringan di Kedai Kopi Patarete Candi," ucapnya. Mereka juga  mempertanyakan apakah tersebut masuk kategori jalan  provinsi atau jalan daerah. "Kok dibiarkan seperti ini?, apakah Desa Ncandi ini tidak masuk dalam Wilayah NTB sampai jalan rayanya dibiarkan kayak begininl. Pemerintah Daerah jangan menutup mata dengan keadaan seperti ini?, mana bentuk kepeduliannya," cetusnya seraya menyebutkan bahwa di sisi lain saat ini Desa Ncandi menjadi Duta NTB di tingkat Nasional melalui even Lomba Hatinya PKK. "Saya justru heran apakah kondisi macam ini yang mau kita tunjukan pada tingkat pusat nantinya," kilahnya.
Kades Ncandi melalui Sekretaris Desa (Sekdes), M. Saleh, S. Sos,  mengaku Minggu pagi (19/2) dirinya bersama Kaur Desa bersama elemen pemuda mendatangi pihak PT. Bunga Raya. Mereka sempat mengeluhkan rusaknya kondisi jalan selain karena curah hujan yang tinggi juga dipicu lalu lalangnya mobil operasional PT Bunga Raya yang mengangkut bahan galian dari Desa Woro setiap harinya.
Menyikapi hal ini, pihak PT Bunga Raya melalui, M. Saleh, belum bisa memberikan tanggapannya mengingat pihak Manager sedang berada di Mataram.
"Mereka berjanji akan koordinasikan dengan Manager terkait keadaan jalan di Watas Monggo Ncandi tersebut," tutur Sekdes. Diakuinya, PT. Bunga Raya selama ini tetap memberikan bantuan berupa Sirtu untuk menyiasati kerusakan jalan. "Tetapi dengan kondisi seperti ini tidak memungkinkan lagi digunakan Sirtu, harus diaspal," pungkasnya.
Sementara itu, Kadis PU Kabupaten Bima, Ir. H. Nggempo, yang dikonfirmasi wartawan, Senin siang (20/2), mengakui adanya kerusakan jalan tersebut. Dia menyebutkan bahwa ruas jalan Monggo-Ncandi merupakan jalan Kabupaten yang menjadi tanggung-jawab Pemkab Bima. "Memang itu jalan daerah, nanti kita akan perbaiki melalui anggaran pemeliharaan rutin. Nanti lihat keadaan cuaca dulu," ujarnya. Nggempo juga mengakui pihak Bunga Raya akan ikut membantu perbaikan jalan tersebut. "Akan diperbaiki juga oleh Bunga Raya," tadasnya. (GA. Marlin/Jack*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.