Header Ads

Kembali, Kades Diingatkan untuk Transparan Kelola ADD

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-
Pada safari pra BBGRM di Desa Sanolo Kecamatan Bolo, Rabu, 1 Pebruari 2017, Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Puteri, meminta kepada para Kepala Kesa (Kades) untuk transparan dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan program-program pembangunan di desa. Menurut Umi Dinda, sapaan akrab Bupati Bima, pemasangan Baliho program pembangunan desa dan papan informasi desa sangat diperlukan agar program yang ada di desa dan jumlah dana dalam program tersebut diketahui oleh masyarakat.
"Para kepala desa sudah mengikuti Bimtek dengan Kominfo berkaitan dengan keterbukaan informasi publik, saya berharap agar para kepala desa menerapkan apa yang menjadi amanat Bimtek itu untuk diterapkan di masyarakat," pintanya. Dia juga mengingatkan kepada kepala desa berkaitan dengan hasil pemeriksaan BPK terhadap 50 desa dari 191 desa di Kabupaten Bima. Pemeriksaan kepada 50 desa tersebut baru merupakan sampel. Dan kedepan tentunya pemeriksaan BPK akan menyeluruh di 191 desa.
Untuk itu, kata dia, perlu diperhatikan oleh para kepala desa untuk tertib administrasi dan transparan dalam penggunaan Dana Desa. Safari Pra BBGRM di desa Sanolo dan desa-desa di Kecamatan Bolo direncanakan akan berlangsung dua hari yaitu Rabu dan Kamis dan akan dilanjutkan di Kecamatan lainnya dalam bulan pebruari 2017. Safari ini dimaksudkan untuk monev pelaksanaan APBDes 2016 dan persiapan RKP dan APB Des tahun 2017 serta menyerap aspirasi masyarakat di setiap desa. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.