Header Ads

Kapolres Gelar Silaturrahmi Kamtibmas di Woha

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-
Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Bima terus melakukan upaya dalam mewujudkan kondisi Bima yang kondusif dan damai. Pada Senin (06/02), bertempat di Paruga Na’e Kecamatan Woha Kabupaten Bima Polres Kabupaten Bima dibawah pimpinan Kapolres Kabupaten Bima, AKBP. M. Eka Faturrahman, SH., SIK.,  menggelar kegiatan silaturahmi Kamtibmas dengan mengusung tema “Melalui Silaturrahmi Kamtibmas kita tingkatkan soliditas guna menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif dalam rangka mendukung Pembangunan Daerah Kabupaten Bima,”.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Wakil Bupati Bima, Drs. H. Dahlan M. Nor, Kapolres Bima, AKBP. M. Eka Faturrahman, SH., SIK., Dandim 1608 Bima, Letkol Czi. Yudi Hendro, sejumlah Pejabat Teras Polres Bima, jajaran Kapolsek Kabupaten Bima, Kadis Kesbangpoldagri Kabupaten Bima, Drs. Ishaka, para Kades se Kabupaten Bima, para Camat se-Kabupaten Bima, para Bhabinkamtibmas Polres Bima, para Babinsa Kodim 1608 Bima, perwakilan Toga dan Toma masing-masing desa di Kecamatan Woha, Belo dan Palibelo.
Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Kompol Muslih, mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan itu adalah untuk meningkatkan rasa soliditas antara aparat keamanan Polri, TNI, dan masyarakat dalam meningkatkan pembangunan dan Harkamtibmas di Wilayah Hukum Kabupaten Bima.
Sementara itu, Wakil Bupati Bima, Drs. H. Dahlan M. Nor, menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Kapolres Kabupaten Bima yang telah melaksanakan kegiatan tersebut. Wabup juga mengajak semua pihak agar dapat menjaga serta memelihara keamanan dan ketertiban di Kabupaten Bima. “Agar roda pembangunan dan perekonomian di Wilayah Kabupaten ini dapat berkembang dan maju dan investor asing atau investor dari daerah lain bisa masuk di Kabupaten Bima. Kalau investor asing dari daerah lain masuk di Kabupaten Bima, maka perekonomian di Bima akan maju dan berkembang,” kata Wabup Dahlan.

Beberapa kejadian konflik penganiayaan di Kabupaten Bima, menurut Wabup, berawal dari adanya acara orgen tunggal. “Untuk itu mari kita saling menyadari bahwa kegiatan hiburan orgen tunggal tersebut perlu dipertimbangkan resiko dan keamanannya. Saya minta kepada Kapolres Bima agar menindak tegas bagi masyarakat yang melakukan pelanggaran hukum yang merugikan, membahayakan nyawa orang lain dan masyarakat yang blokir jalan sehingga mengganggu arus lalu lintas warga yang lain,” tegas Wabup. Wabup juga mengajak semua pihak agar mendidik anak-anak mulai dari SD sampai jenjang Perguruan Tinggi dengan ajaran saling menghargai, menghormati dan tanamkan rasa membangun cita-cita setinggi mungkin dan jauhi narkoba. “Karena Narkoba sangat merusak pikiran dan jiwa generasi kita,” ajak Wabup.
Menyangkut kegiatan malam hari yang menghadirkan orgen tunggal, Wabup Dahlan memerintahkan para Kades agar bekerjasama dengan pihak Polres Bima dan menegaskan tidak ada kegiatan di malam hari yang menghadirkan orgen tunggal. “Para Kades harus mampu melarang dan memberikan pemahaman kepada warganya apabila ada warga yang ingin adakan hiburan orgen tunggal di malam hari,” tegas Wabup.
Senada dengan Wabup Dahlan, Dandim 1608 Bima, Letkol Czi. Yudi Hendro, juga sangat berharap agar para Kades bisa menjaga dan memelihara Kamtibmas di wilayahnya masing-masing. “Agar dapat tercipta kedamaian dan ketentraman ditengah-tengah masyarakat. Kami minta para Kades nantinya dapat bekerjasama dengan para Babinsa dan Bhabinkamtbmas dalam Harkamtibmas dan pembangunan di desanya masing-masing,” sambut Dandim.
Menurut Dandim, akhir-akhir ini sering terjadi unjuk rasa dan atau aksi protes dari elemen mahasiswa dan masyarakat di Desa terkait dengan pelaksanaan ADD. “Untuk itu kami berharap kepada para Kades dalam pengelolaan ADD agar bisa bekerjasama dengan semua lapisan masyarakat dan transparan dalam pelaksanaannya,” harap Dandim.
Sementara itu, Kapolres Bima, AKBP. M. Eka Faturrahman, SH., SIK., dalam sambutannya mengungkapkan bahwa keberadaan Polres Kabupaten Bima adalah juga membantu Pemkab Bima dalam hal Harkamtibmas agar roda perekonomian dan pembangunan di Kabupaten Bima bisa tumbuh dan sukses.
“Kami minta kepada para Kades, Toma dan Toga, untuk bersama-sama menciptakan dan memberikan kepada kami ide-ide yang membangun untuk pembangunan Bima dan Harkamtibmas di Bima guna menekan kejadian-kejadian yang dapat mengganggu Kamtibmas di Bima,” harap pria asal Kecamatan Wawo Kabupaten Bima ini.
Kapolres Bima menegaskan kesiapannya dalam bekerjasama dengan masyarakat Bima dalam mengamankan Kabupaten Bima dan siap memberantas segala bentuk penyakit masyarakat di Kabupaten Bima. “Kami telah diberikan kewenangan oleh Negara sebagai pengemban tugas di bidang penegakan hukum guna tercipta Kamtibmas yang aman di Kabupaten Bima. Masyarakat jangan hanya menuntut kami sebagai Polri selaku aparat Penegak Hukum. Namun, kami juga meminta agar semua elemen lapisan masyarakat juga harus mendidik anak-anak dan keluarganya sadar dan taat hukum dalam arti jauhi judi, jauhi miras, jauhi mencuri, jauhi perkelahian dan lain-lain yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas di Kabupaten Bima,” ujar Kapolres. (GA. IAG*).




No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.