-->

Notification

×

Iklan

Kota Bima Akan Tenggelam Jika Pemkot Tidak Serius Tangani Banjir

Saturday, January 14, 2017 | Saturday, January 14, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2017-01-14T05:19:08Z
Foto: Taufik Sanjaya Putra
Kota Bima, Garda Asakota-.
Hampir setiap tahun Kota Bima terjadi banjir, baik dengan kala besar maupun kecil. Letak geografisnya yang dikelilingi kawasan pegunungan yang rata-rata gundul ditambah dangkalnya aliran sungai dan sistem drainase yang buruk bisa jadi akan mengancam tenggelamnya Kota Bima di masa mendatang.

Kondisi ini kian mengkhawatirkan pasca terjadinya banjir bandang yang nyaris menenggelamkan seluruh wilayah Kelurahan di Kota Bima di penghujung tahun lalu, disusul banjir yang terjadi Jumat siang kemarin, (13/1). Jika tidak ditangani dengan baik, kata Taufik Sanjaya Putra, maka bukan hal mustahil Kota Bima akan selalu tenggelam jika sewaktu-waktu datang banjir. Untuk itu, Pengusaha  Bima ini meminta Pemerintah Kota serius menangani banjir di Kota Bima karena ini dinilainya menjadi ancaman yang serius tiap tahun di Kota Bima.
"Banjir terjadi bukan saja karena faktor alam, tetapi karena kerusakan kawasan tangkapan air baik di sekitar kawasan sungai maupun aliran sungai.
Kalau ini tidak ditangani dengan baik dan benar, maka bisa saja kedepan Kota Bima akan tenggelam," ucapnya. Menurutnya, salah satu cara yang bisa dilakukan Pemerintah Kota Bima dalam waktu yang mendesak ini adalah harus mengupayakan normalisasi sungai maupun drainase di wilayah Kota Bima agar aliran air lancar. "Selain itu segera melakukan penghijaxuan hutan dan menindak tegas aksi pembalakan liar," tandas Duda keren pemilik CV Putra Tunggal di Bidang Peternakan ini. (GA. 212*)
×
Berita Terbaru Update