-->

Notification

×

Iklan

Gubernur Jawa Barat Bantu Korban Banjir Kota Bima Rp3 Milyar

Monday, January 16, 2017 | Monday, January 16, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2017-01-16T09:14:24Z
Foto: Gubernur Jawa Barat saat menyerahkan bantuan. (Foto, Humaspro Kota Bima)





 

Kota Bima, Garda Asakota.-
Satu-satunya Gubernur di luar Provinsi NTB yang punya kepedulian tinggi terhadap derita korban bencana banjir di Kota Bima adalah Gubernur Jawa Barat. Tidak tanggung-tanggung, Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan langsung mengunjungi Kota Bima pada hari Senin (16/01) dan langsung menyerahkan bantuan bagi penanganan banjir dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan dari Rumah Zakat dengan total bantuan sebesar Rp3 Milyar.
Menurut Plt. Kabag Humas dan Protokol Kota Bima, Syahrial Nuryaddin, S.IP, MM., H. Ahmad Heryawan hadir bersama Direktur Komersial Bank Jawa Barat (BJB) Suhartini, pendiri Rumah Zakat H. Abu Syauqi, CEO Rumah Zakat Nor Efendi dan Kepala BPBD Provinsi Jawa Barat Haryadi.
Hadir Wakil Ketua DPD RI Prof. Dr. Farouk Muhammad, Wakil Bupati Bima H. Dahlan M. Noer, Wakil Ketua DPRD Kota Bima M. Syafie, ST, pimpinan BUMN/BUMD di Bima, pimpinan SKPD Lingkup Pemerintah Kota Bima, para tokoh agama dan tokoh masyarakat serta sebagian masyarakat terdampak banjir.
“Bantuan yang dibawa oleh Gubernur Jabar berupa uang tunai sebesar Rp. 2 milyar dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat serta berupa barang senilai Rp. 1 milyar dari Rumah Zakat,” jelas pria yang akrab disapa Ryan melalui siaran persnya ini.
Bantuan dalam bentuk barang, lanjutnya,  antara lain berupa kasur, kompor gas dan tabung gasnya, selimut, perlengkapan dapur, perlengkapan sanitasi, perlengkapan sekolah, karpet untuk masjid, peralatan sholat dan Al-Qur’an.
“Paket barang tersebut diberikan kepada 200 KK atau 730 jiwa yang tersebar di 5 kecamatan. Penyerahan bantuan barang bagi masyarakat dilakukan secara simbolis oleh Gubernur Jabar kepada tiga orang warga yaitu M. Kuriana dari Kelurahan Rabadompu Timur Kecamatan Raba, Ratna Juriadin dari Kelurahan Pane Kecamatan Rasanae Barat serta Maimunah dari Kelurahan Manggemaci Kecamatan Mpunda,” papar Ryan.
Sementara bantuan berupa uang tunai, katanya, diterima secara simbolis oleh   Walikota Bima M. Qurais H. Abidin.
“Untuk perlengkapan sekolah diberikan secara simbolis kepada Kepala Sekolah dan pelajar SDN 54 Kota Bima yang berlokasi di Kelurahan Santi, usai acara di halaman kantor Walikota,” cetusnya.
Dalam kesempatan itu, menurutnya, Walikota Bima menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Gubernur Jabar, institusi Rumah Zakat dan BJB. “Dibalik setiap musibah atau ujian, selalu ada hikmah tersembunyi. Musibah banjir bandang yang menimpa Kota Bima pada tanggal 21 dan 23 Desember 2016 telah membawa hikmah yang begitu besar bagi kami, antara lain membuka pintu silaturahim dengan berbagai pihak. Perhatian dan kunjungan dari saudara-saudara di seluruh pelosok tanah air tidak henti-hentinya mengalir”, ujar Ryan mengutip pernyataan Walikota Bima.
Sementara itu, lanjut Ryan, Gubernur Jabar berpesan agar masyarakat Bima tetap sabar menghadapi ujian. “Semua kejadian yang ditetapkan Allah kepada kita insha Allah akan berujung kebaikan, tergantung bagaimana kita menyikapinya. Jika kita bersyukur saat dianugerahi nikmat, maka ia akan menjadi kebaikan. Jika kita bersabar saat diuji dengan kesusahan, maka ia juga akan menjadi kebaikan,” pesan Gubernur Jabar sebagaimana dikutip Kabag Humas dan Protokol Kota Bima.
Menurut Ahmad Heryawan, wilayah Bima dan Jawa Barat sesungguhnya memiliki kerentanan yang sama terhadap bencana. “Selain upaya pengurangan risiko bencana, yang juga harus dilaksanakan adalah membangun ketakwaan umat,” Pesan Ahmad Heryawan. (GA. IAG*)
×
Berita Terbaru Update