Header Ads

Kabid PNFI Genjot Akreditasi Lembaga Pendidikan TK/PAUD

Kota Bima, Garda Asakota.-
Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dari tingkat Dasar dan Usia Dini Pemerintah Kota (Pemkot) Bima melalui Bidang PNFI (Pendidikan Non Formal Indonesia) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga menggelar Sosialisasi dan Lokakarya Akreditasi. Kepala Bidang PNFI, Hj. Dewi Triyani,S.Sos, M.Si, melalui Kepala Seksi PAUD, Sailan, S.Pd. menjelaskan bahwa dari sekian banyak TK/PAUD atau PKBM yang ada di daerah belum satupun yang memiliki akreditasi.
Karenanya, kata dia, melalui kegiatan ini pihaknya menekankan pada seluruh lembaga yang ada untuk segera mengurus keakreditasian tersebut. “Kami targetkan dalam kurun waktu tiga tahun semuanya sudah rampung,” ungkapnya. Adapun tujuan dari akreditasi ini, kata dia, adalah semata mata untuk meningkatkan mutu pendidikan serta pelayanan optimal yang setara dengan akreditasi Perguruan Tinggi (PT) agar masyarakat bisa secara langsung melihat lembaga lembaga pendidikan mana yang benar-benar melaksanakan proses kegiatan pendidikan dengan latar kompetensi yang baik sebagai nilai jual lembaga itu sendiri untuk jadi bahan pertimbangan masyarakat.
“Sehingga masyarakat pun tidak ragu lagi kemana mereka harus menempatkan dan menitipkan anak anaknya di tingkat TK maupun PAUD,” tegas Sailan. Menurutnya, akreditasi itu penting karena sebagai tolak ukur kualitas suatu lembaga.
Apalagi pada dewasa ini, pendidikan anak usia dini sangatlah diperhatikan karena bisa memberikan landasan pendidikan yang kuat untuk bekal anak nantinya.
Ia juga menjelaskan bahwa ada beberpa standar syarat untuk memenuhi Akreditasi ini antaranya sesuai dengan standar Nasional yang telah ditetapkan oleh Permendikbud seperti perkembangan anak, standar proses,standar sarana dan prasarana. (GA. Hendrawan*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.